Sitepu, Jovita Nathania (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173111035 COVER.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
2. NIM 4173111035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
3. NIM 4173111035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4. NIM 4173111035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
5.. NIM 4173111035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM 4173111035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
13. NIM 4173111035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
14. NIM 4173111035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika dengan pendekatan matematika realistik pada materi operasi hitung bilangan pecahan yang berkualitas berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 21 Medan yang berjumlah 30 responden.
Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa modul pembelajaran matematika tersebut telah berhasil dikembangkan yang berkualitas dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil validasi ditunjukkan dengan hasil uji validitas modul pembelajaran diperoleh nilai rata-rata total kevalidan 93,14% oleh ahli materi, dan 91,20% oleh ahli media untuk desain modul. Kepraktisan dilihat dari angket respon peserta didik tahap one to one sebesar 94,44%, respon guru sebesar 91,67% dan hasil uji kelas kecil sebesar 95,83%. Ketiga hasil tersebut menunjukkan besaran skor lebih dari 50% responden memberikan respon positif. Keefektifan dilihat dari ketuntasan belajar individual sebesar 84,67%, ketuntasan belajar klasikal sebesar 93,33%, dan respon positif peserta didik sebesar 95,83%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 097 |
Keywords: | Modul; Etnomatematika; Matematika realistik; Pecahan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 07:13 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 07:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49543 |