Girsang, Ira Gita (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 2 SIDIKALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4172111031 COVER.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
2. NIM. 4172111031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
3. NIM. 4172111031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
4. NIM. 4172111031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
5. NIM. 4172111031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
9. NIM. 4172111031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
13. NIM. 4172111031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
14. NIM. 4172111031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian penelitian ini adalah untuk menemukan bahan ajar interaktif berbasis quantum learning yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa secara praktis, valid, dan efektif berbasis quantum learning pada materi persamaan linear dua variable. Penelitian ini juga bertujuan untuk memperhatikan perubahan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum dan setelah belajar menggunakan bahan ajar interaktif yang peneliti kembangka. Setelah dilihat perubahannya, terlihat ketuntasan klasikal siswa dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan SPLDV meningkat. Setelah penelitian dan pengembangan dilakukan, kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematis meningkat yang tampak dari hasil ¬pretest dan pos-test. Hasil utama penelitian dan pengembangan ini yaitu bahan ajar interaktif berbasis quantum learning yang praktis, valid dan efektif. Bahan ajar yang dibuat dan dikembangkan valid setelah dilakukan proses validasi kepad dosen ahli dan praktis setelah diuji cobakan kepada guru dan siswa, berdasarkan angket respon guru dan siswa, bahan ajar interaktif yang dikembangkan memperoleh kategori kepraktisan yag ditentukan. Berdasarkan ketuntasan klasikal siswa yang mencapai bahan ajar interaktif dikatakan efektif karena memenuhi ketentuan yang ditentukan sebelumnya yaitu 86,67% pda uji coba I dan mencapai 93,33% pada uji coba II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 095 |
Keywords: | Bahan ajar interaktif; Quantum learning; Pemecahan masalah matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 07:14 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 07:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49540 |