ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI YAYASAN SERI AMAL MEDAN T.A.2020/2021

Tamba, Alvin Gratianus (2021) ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI YAYASAN SERI AMAL MEDAN T.A.2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4171111005 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4171111005 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4171111005 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4171111005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4171111005 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4171111005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4171111005 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4171111005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4171111005 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4171111005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4171111005 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4171111005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4171111005 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4171111005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4171111005 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4171111005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Analisis proses pembelajaran daring dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran berlangsung secara daring (dalam jaringan) yang meliputi proses perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran. Penelitian tersebut dilaksanakan di SMA Cahaya Medan, SMA Ignatius Medan, dan SMA St. Petrus Sidikalang. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu guru, siswa dan kepala sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil pengolahan angket/kuesioner yang didukung dengan dokumentasi yang diperoleh dari sekolah. teknik analisis data dilakukan pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan melakukan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian melalui angket/kuesioner diperoleh bahwa sekitar 11,43% menggunakan media Google Meet, 60,25% menggunakan media zoom, 25,77% menggunakan media WhatsApp, 2,17% menggunakan Microsoft Teams, dan 0,36% menggunakan media Edmodo sebagai alat pendukung dalam melakukan pembelajaran daring matematika terkait turunan fungsi. Kemudian penulis juga memperoleh data yang menunjukkan sejauh mana proses pembelajaran daring matematika materi turunan fungsi dapat dilakukan oleh guru dan siswa menggunakan skala linier dengan nilai 3,45 dibulatkan menjadi 4. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa guru sering merencanakan serta melaksanakan proses pembelajaran daring matematika materi turunan fungsi dengan baik. Kemudian guru memberikan tes kepada siswa sebagai sebagai bentuk penilaian guru tingkat pemahaman siswa terhadap materi turunan fungsi. Dari hasil penilaian guru terhadap siswa diketahui bahwa siswa merasa ragu-ragu dalam mempelajari materi turunan fungsi mulai dari pengenala turunan fungsi hingga pengaplikasian turunan fungsi. Pernyataan ini dapat dibuktikan dari hasil perolehan butir angket nomor 42 sampai nomor 45 dengan kriteria skor bernilai 3,15 dibulatkan menjadi 3.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 MAT 094
Keywords: Pembelajaran daring; Proses pembelajaran; Turunan fungsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 07 Dec 2022 09:13
Last Modified: 07 Dec 2022 09:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49529

Actions (login required)

View Item
View Item