Tondang, Samuel (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE AND SHARE (SSCS) BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4182111026 COVER.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
2. NIM. 4182111026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (743kB) | Preview
3. NIM. 4182111026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
4. NIM. 4182111026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
5. NIM. 4182111026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (445kB) | Preview
6. NIM. 4182111026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
7. NIM. 4182111026 TABLES.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
8. NIM. 4182111026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
9. NIM. 4182111026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (887kB) | Preview
13. NIM. 4182111026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
14. NIM. 4182111026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) berbantuan Geogebra terhadap kemampuan representasi matematis siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 6 Medan dengan menggunakan 1 kelas yang berjumlah 36 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan representasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) Berbantuan Geogebra pada materi trigonometri.
Sebelum uji hipotesis dilakukan, maka data hasil pretest dan posttest yang sudah didapatkan akan di lakukan uji prasyarat terlebih dahulu. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Sesudah uji normalitas dilaksanakan maka didapat jika data berdistribusi normal, pada pretest dan posttest data berdistribusi normal. Pada uji homogenitas dilakukan didapatkan bahwa data hasil pretest dan juga posttest kemampuan representasi matematis peserta didik adalah homogen, maka dari itu peneliti melanjutkan dengan uji hipotesis, yaitu Uji-t.
Dari hasil uji hipotesis yang dilakukan menggunakan data pretest dan posttest kelas eksperimen ini, didapatkan thitung>ttabel atau 10,827>1,689 sehingga H0 ditolak. Diketahui bahwa nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000<0,05 yang berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan didapatkan bahwa kemampuan representasi matematis yang paling tinggi adalah representasi teks tertulis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran Search Solve Create and Share berbantuan Geogebra berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas XI SMA Negeri 6 medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-MAT-220 / 371.33 Ton p |
Keywords: | SSCS; Representasi Matematis; Proses Pembelajaran; Geogebra |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 07 Dec 2022 08:18 |
Last Modified: | 07 Dec 2022 08:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49523 |