Harahap, Olivia Feby Mon (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 6 PADANGSIDIMPUAN T.P. 2014/2015. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136122042 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM. 8136122042 APPROVA SHEET.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
3. NIM. 8136122042 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
4. NIM. 8136122042 PREFACE.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
5. NIM. 8136122042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM. 8136122042 LIST TABLES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7. NIM. 8136122042 LIST FIGURES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM. 8136122042 LIST APPENDICES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9. NIM. 8136122042 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
13. NIM. 8136122042 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. NIM. 8136122042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar bahasa inggris siswa yang diajarkan denhan strategi pembelajaran STAD dengan hasil belajar bahasa inggris siswa yang diajarkan dengan ekspository (2) perbedaan hasil belajar bahasa inggris siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan motivasi berprestasi rendah (2) Interkasi antara strategi pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar bahasa inggris siswa kelas X SMA Negeri 6 padangsidimpuan.
Penelitian dilakukan pada siswa kelas X SMA negeri 6 Padangsidempuan. Populasi penelitian ada lah 148 siswa dan sampelnya adalah 80 siswa yaitu kelas X1 menggunakan strategi pembelajaran STAD dan X2 menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan anava dua jalur desain faktorial 2 x 2 dengan taraf signifikansi α = 0.05, yang sebelumnya terlebih dahulu dilakukanuji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji liliefors dan uji homogenitas varians dengan uji Barlett dan uji Fisher, dan uji lanjut menggunakan uji Tukey
Hasil pengujian hipotesis menunjukan : (1) Data hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang di ajar dengan strategi pembelajaran Student Team Achievment Division (STAD) lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan denga strategi ekspositori (Fhitung = 0,91 > Ftabel = 1,76), (2) hasil belajar bahasa Inggris siswa dengan Motivasi berprestasi tinggi lebih tinggi dari pada siswa dengan Motivasi berprestasi rendah (Fhitung = 0,63 > Ftabel = 1,76) dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelahjaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar bahasa inggris dengan Fhitung = 1,6 > Ftabel = 3,96. Hasil penelitian apat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran STAD lebih baik diajarkan kepada siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi dan strategi pembelajaran ekspositori lebih baik digunakan kepada siswa siswa yang mempunyai motivasi berprestasi rendah dan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi.
Implikasi dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran STAD lebih tinggi hasil belajarnya dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan strategi ekspositori. Siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi mendapat hasil belajar yang lebih tinggi bila diajar dengan strategi pembelajaran STAD. Siswa yang memiliki motivasi berprstasi rendah mendapat hasil belajar yang lebih tinggi bila diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.6 Har p |
Keywords: | Hasil belajar; Bahasa inggris; Strategi pembelajaran; Motivasi berprestasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2016 19:09 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 19:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4949 |