Shari, Khartika Indah (2021) Desain Evaluasi Pembelajaran Tari Serampang Dua Belas Berbasis HOTS dalam Bentuk Aplikasi Quizizz untuk Siswa SMA Kota Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2163341006 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM 2163341006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 2163341006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
4. NIM 2163341006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
5. NIM 2163341006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
6. NIM 2163341006 LIST OF IMAGES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 2163341006 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
8. NIM 2163341006 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
9. NIM 2163341006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (524kB) | Preview
13. NIM 2163341006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
14. NIM 2163341006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan desain evaluasi pembelajaran tari serampang
dua belas berbasis HOTS dalam bentuk aplikasi quizizz untuk siswa SMA Kota
Medan. Desain evaluasi pembelajara dirancang sesuai dengan KD 3.1 dan KD 4.1.
Teori yang digunakan menurut Hokason dan Gibbons (2014:19), Elis dan Rusdiana
(2014:22), Sugiyono (2018:407), Anderson dan Krathwohl (2019:11). Metode yang
digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, dengan model pengembangan R&D.
Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Program Studi Pendidikan Tari,.
Populasi \penelitian adalah delapan tari wajib Melayu, dengan sampelnya adalah
tari Serampang Dua Belas. Instrumen penelitian menggunakan angket uji kelayakan
ahli media dan ahli materi. Teknik analisis data menggunakan skala likert dengan
jenis rating scale dalam skala lima. Hasil penelitian menjunjukan desain evaluasi
pembelajaran dalam aplikasi quizizz berbasis HOTS pada aspek kognitif C4-C6,
afektif A4-A5, dan prikomotorik P4-P5. Butir soal disusun berdasarkan KD 3.1
tentang memahami konsep pada soal nomor 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 9, 15; teknik pada
soal nomor 12, 17, 18, 20; dan prosedur pada soal 8, 10, 11, 13, 14, 16, 19.
Kemudian pada KD 4.1 berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur terdapat pada
soal nomor 21 sampai 25. Keseluruhan soal dalam aplikasi Quizizz menjadi soalsoal
dalam bentuk game online dengan memanfaatkan jaringan internet. Desain
evaluasi memperoleh skor 91,1% dari hasil uji validasi ahli materi, dan skor 93,3%
dari hasil uji validasi media dengan kategori sangat layak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Desain Evaluasi; Pembelajaran; Tari Serampang Dua Belas; HOTS; Aplikasi Quizizz |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Dec 2022 01:43 |
Last Modified: | 08 Dec 2022 01:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49483 |