Sinaga, Kristina (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TIGAPANAH. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4183121058 COVER.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
2. NIM. 4183121058 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (696kB) | Preview
3. NIM. 4183121058 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4. NIM. 4183121058 PREFACE.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
5. NIM. 4183121058 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
6. NIM. 4183121058 TABLES.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
7. NIM. 4183121058 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
8. NIM. 4183121058 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
9. NIM. 4183121058 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
13. NIM. 4183121058 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
14. NIM. 4183121058 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk (1) untuk mengetahui validitas modul berbasis inkuiri terbimbing pokok bahasan hukum Newton tentang gerak di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tigapanah yang telah dikembangkan, (2) untuk mengetahui kepraktisan modul berbasis inkuiri terbimbing dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pokok bahasan hukum newton tentang gerak di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tigapanah, (3) untuk mengetahui keefektifan modul berbasis inkuiri terbimbing dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pokok bahasan hukum newton tentang gerak di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tigapanah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Tigapanah yang berjumlah 36 orang siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan 3D. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) tingkat validitas modul berbasis inkuiri terbimbing oleh ahli materi memperoleh presentasi sebesar 98,5% dengan kriteria sangat valid dan ahli media memperoleh presentasi sebesar 90,5% dengan kriteria sangat valid. (2) Tingkat kepraktisan modul berbasis inkuiri terbimbing yang telah dikembangkan berdasarkan respon siswa yaitu uji coba pada kelompok kecil dengan melibatkan 6 siswa memperoleh presentasi sebesar 88% dengan kriteria sangat praktis dan uji coba pada kelompok besar dengan melibatkan 30 siswa memperoleh presentasi sebesar 89% dengan kriteria sangat praktis. (3) Tingkat keefektifan modul berbasis inkuiri terbimbing yang telah dikembangkan memperoleh N-gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-FIS-085 / 371.33 Sin p |
Keywords: | pengembangan; bahan ajar; inkuiri terbimbing; modul; hukum newton |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 07 Dec 2022 02:05 |
Last Modified: | 07 Dec 2022 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49478 |