Br Barus, Tamia Anggraini (2022) ANALISIS RESPON MAHASISWA DAN DOSEN TERHADAP PENGGUNAAN BERBAGAI APLIKASI ONLINE SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4171141046 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM 4171141046 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
3. NIM 4171141046 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
4. NIM 4171141046 PREFACE.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
5. NIM 4171141046 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. NIM 4171141046 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
7. NIM 4171141046 TABLES.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
8. NIM 4171141046 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9. NIM 4171141046 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
13. NIM 4171141046 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
14. NIM 4171141046 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Wabah Covid-19 telah menjadi pandemi di Indonesia. Guna menghambat penembahan jumlah masyarakat yang terjangkit, salah satu cara yang dilakukan yaitu pelaksanaan perkuliahan bagi mahasiswa menjadi perkuliahan daring. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui respon mahasiswa dan dosen terhadap penggunaan berbagai aplikasi online selama pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan analisis data menggunakan persentase. Penelitian ini dilaksanakan mulai semester genap dan berlangsung selama 6 bulan terhitung sejak bulan April hingga Oktober 2021. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang memuat beberapa indikator dan disebarkan kepada mahasiswa serta melakukan wawancara kepada dosen matakuliah. Hasil penelitian yang didapat yaitu, aplikasi WhatsApp mendapatkan rata-rata persentase 86,0%. Google Classroom 79,8%. SIPDA Unimed 79,4%. Zoom Meeting 79,4%. Google Meet 68,3%. Skor persentase semua aplikasi dapat dikategorikan positif berdasarkan kriteria interpretasi skor, dimana aplikasi yang berkategori positif berguna dengan baik dan bermanfaat dalam menjalankan pembelajaran daring. Hasil wawancara dengan dosen matakuliah yaitu setiap aplikasi memiliki keunggulan dan kelemahan masing – masing, dengan meiliki fitur-fitur yang sangat berguna untuk menjalankan atau melaksanakan pembelajaran daring
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BIO-182 / 371.35 Bar a |
Keywords: | pembelajaran daring; respon; aplikasi online; E-learning, Covid-19 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 06:11 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 06:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49439 |