Fransiska, Novita Ruli (2022) PENGEMBANGAN LKPD BERBANTUAN CONSTRUCT 2 BERBASIS STEM (SCIENE, TECHNOLOGY, ENGINEERING DAN MATHEMATICS) PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS SISWA SMA NEGERI 1 KUALA T.P. 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183141049 COVER.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
2. NIM 4183141049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (585kB) | Preview
3. NIM 4183141049 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
4. NIM 4183141049 PREFACE.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
5. NIM 4183141049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
6. NIM 4183141049 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
7. NIM 4183141049 TABLE.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM 4183141049 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
9. NIM 4183141049 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
13. NIM 4183141049 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
14. NIM 4183141049 REFRENCES.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
Abstract
Pengembangan LKPD berbasis STEM pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas LKPD berbantuan software construct 2 berbasis STEM dalam meningkatkan keterampilan literasi Siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kuala dan didistribusikan melalui software construct 2 yang memiliki keunggulan tidak menggunakan bahasa pemrograman (coding ) dalam desainnya. Desain penelitian yang diterapkan adalah tipe penelitian dan pengembangan dengan model kerangka kerja 4-D yang terdiri dari empat tahap, yaitu: 1) Definisi, 2) Perancangan, 3) Pengembangan (Develop) dan 4) Implementasi. Subjek dalam penelitian ini meliputi validator ahli materi, ahli pembelajaran, ahli desain, pendidik bidang studi biologi dan siswa kelas XI MIPA-4 SMA Negeri 1 Kuala. Data yang dikumpulkan dan dianalisis adalah data kuantitatif dan data kualitatif yang bersumber dari lembar observasi wawancara, lembar validasi tim ahli validator, penilaian pendidik dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang telah divalidasi oleh ahli materi memperoleh hasil dengan angka rata-rata 89,58% dengan kategori sangat layak, validasi ahli pembelajaran sebesar 84,16% dengan kategori sangat layak, ahli desain sebesar 83,86 % dengan kategori sangat memenuhi syarat. Hasil penilaian dari pendidik bidang studi biologi diperoleh hasil dengan angka rata-rata 94,6% dalam kategori sangat layak, dan hasil angket tanggapan siswa sebesar 91,2% dalam kategori baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BIO-127 / 379.24 Fra p |
Keywords: | LKPD; Pendekatan STEM; Software Construct 2; Desain Pengembangan 4-D; Literasi Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 04:15 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 04:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49432 |