Br Ginting, Nadia (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI SEL DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 KABANJAHE. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 4171141028 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM 4171141028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 4171141028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
4. NIM 4171141028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
5. NIM 4171141028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
6. NIM 4171141028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
7. NIM 4171141028 TABLES.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
8. NIM 4171141028 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
9. NIM 4171141028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
13. NIM 4171141028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
14. NIM 4171141028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran biologi berbasis multimedia interaktif dengan menggunakan media powerpoint yang valid, praktis dan efektif yang dapat diterapkan sebagai media pembelajaran biologi pada materi sel. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D. model ini meliputi empat tahap yaitu pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (development) dan penyebaran (disseminate). Media pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi, tanggapan guru biologi dan tanggapan oleh peserta didik di kelas XI PA SMA Negeri 2 Kabanjahe. Seluruh data diperoleh dari instrument pengumpulan data dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Kevalidan media berdasarkan penilaian ahli media dann ahli materi dengan mendapatkan rata-rata presentase sebesar 85,5% dengan kriteria “sagat valid/sangat baik”. (2) Keperaktisan media pembelajaran berdasarkan respon siswa dan guru setelah menggunakan media mendapatkan rata-rata presentase sebesar 95,3% yang termasuk kriteria “sangat praktis”. (3) Keefektifan media berdasarkan hasil ketuntasan belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif sebesar 86,1%. Kemudian dilakukan perhitungan tingkat signifikan dengan uji ngain score. Dari hasil perhitungan manual diperoleh n-gain score sebesar 0,52. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif dikatakan layak dengan kategori valid, praktis dan efektif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BIO-180 / 371.33 Gin p |
Keywords: | Pengembangan; Media Pembelajaran; Multimedia Interaktif; Sel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 04:08 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 04:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49431 |