Damanik, Monika Sari Dewi (2022) PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4153341030 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM 4153341030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
3. NIM 4153341030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
4. NIM 4153341030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
5. NIM 4153341030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
6. NIM 4153341030 ILLUSTATION.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
7. NIM 4153341030 TABLES.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
8. NIM 415334130 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM 4153341030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
13. NIM 4153341030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM 4153341030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan media pembelajaran berbasis komik digital serta menguji pengaruhnya terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sel. Media pembelajaran dikembangkan dengan mengikuti model pengembangan 4D dari Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Produk media divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran, dan selanjutnya dimintakan pendapat dari guru bidang studi biologi dan peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Data penelitian berupa hasil validasi ahli (diperoleh melalui instrumen validasi), pendapat guru dan peserta didik (melalui angket), dan hasil uji pengaruh (melalui tes hasil belajar). Data dianalisis baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik yang dikembangkan dinilai sangat layak baik oleh ahli materi (skor 94,38%), ahli media (89,34%) maupun oleh ahli pembelajaran (96,00%). Media komik juga dinilai sangat layak baik oleh guru biologi (93,22%) maupun oleh peserta didik (92,38%). Paired sample t-test menunjukkan bahwa nilai post-test nyata lebih besar dibandingkan dengan nilai pre-test. Ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada materi sel mengalami peningkatan signifikan setelah menggunakan media komik digital yang dikembangkan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BIO-153 / 371.33 Dam p |
Keywords: | Hasil Belajar; Komik Digital; Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 03:56 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 03:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49429 |