Malau, Estri Juvita (2022) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183141038 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM 4183141038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (712kB) | Preview
3. NIM 4183141038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
4. NIM 4183141038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
5. NIM 4183141038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM 4183141038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
7. NIM 4183141038 TABLES.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
8. NIM 4183141038 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
9. NIM 4183141038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (497kB) | Preview
13. NIM 4183141038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
14. NIM 4183141038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan model cooperative learning tipe Rotating Trio Exchange (RTE) pada materi sistem pencernaan di kelas XI MIA SMAS St. Mikhael Pangururan T.P.2021/2022. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 1 yang berjumlah 50 orang. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Desain Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang dibagi menjadi 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data yang diperoleh ada 2 yaitu aktivitas dan hasil belajar siswa dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I yaitu 74, ke siklus II yaitu 88 sebesar 14%. Dan ketuntasan hasil belajar dari siklus I yaitu 70% meningkat di siklus II yaitu 86% sebesar 16%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe Rotating Trio Exchange (RTE) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BIO-148 / 371.33 Mal p |
Keywords: | Rotating Trio Exchange (RTE); Aktivitas Belajar; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 03:02 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 03:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49423 |