Br Ketaren, Egithania (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI ( HIGH ORDER THINGKING SKILLS) PADA MATERI SISTEM ENDOKRIN SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 14 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4183141075 COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
2. 4183141075 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
3. 4183141075 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
4. 4183141075 PREFACE.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
5. 4183141075 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
6. 4183141075 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
7. 4183141075 TABLES.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
8. 4183141075 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
9. 4183141075 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. 4183141075 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
14. 4183141075 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini membahas tetang Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thingking Skills) Siswa Kelas XI MIPA 3 dan 7 SMA Negeri 14 Medan pada pokok bahasan sistem endokrin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa secara keseluruhan dan tiap-tiap indikator berpikir tingkat tinggi pada pelajaran biologi materi sistem edokrin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian deksriptif kualitatif yang mendeskripsikan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Purposive Sampling dengan sampel berjumlah 70 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan soal tes essay berpikir tingkat tinggi berjumlah 10 soal kepada siswa. Hasil dari penelitian ini, kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa termasuk pada kategori cukup dengan nilai rata-rata mencapai 55. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang berada pada kategori sangat baik berjumlah 6 siswa, kategori baik berjumlah 20 siswa, kategori cukup berjumlah 36 siswa, kategori kurang berjumlah 4 siswa dan kategori sangat kurang berjumlah 4 siswa. Nilai rata-rata tiap indikator kemampuan berpikir tingkat tinggi yang terdiri dari 3 level, yaitu Menganalisis (C4) dengan nilai rata-rata 50,55 termasuk kategori cukup, Mengevaluasi (C5) dengan nilai rata-rata 39,03 termasuk kategori kurang, dan Mencipta (C6) dengan nilai rata-rata 22,26 termasuk kategori kurang. Penelitian ini diharapkan menjadi acuan untuk mengembangkan siswa yang sudah memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi dan dapat mengatasi siswa yang memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi tergolong rendah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BIO-155 / 153.42 Ket a |
Keywords: | Pembelajaran abad 21; HOTS; sistem endokrin |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 09:34 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 09:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49407 |