Rangkuti, Salsa Dila Hakim (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BIOLOGI SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022 PADA MATERI NARKOTIKA, PSIKOTROPIKA, DAN ZAT ADIKTIF. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4183141073 SAMPUL.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
2. 4183141073 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
3. 4183141073 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
4. 4183141073 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
5. 4183141073 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
6. 4183141073 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
7, 4183141073 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
8. 4183141073 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
9. 4183141073 BAB I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
13. 4183141073 BAB V.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
14. 4183141073 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah biologi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 14 Medan pada materi narkotika, psikotropika dan zat adiktif. Langkah kemampuan pemecahan masalah yang digunakan sebagai indikator dalam penelitian ini ialah langkah kemampuan pemecahan masalah Polya yaitu memahami masalah, merencanakan solusi pemecahan masalah, melaksanakan solusi pemecahan masalah, dan memeriksa kembali solusi yang diperoleh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dilaksanakan pada bulan Februari sampai Mei tahun 2022 di SMA Negeri 14 Medan. Populasi penelitian ini ialah siswa kelas XI MIPA yang terdiri dari 7 kelas sebanyak 275 siswa dengan sampel sebanyak 70 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah soal dari wacana yang menyajikan masalah dengan pertanyaan essay untuk mengukur kamampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemecahan masalah biologi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 14 Medan tergolong kurang dengan persentase nilai sebesar 38,73%. Hasil dari setiap langkah pemecahan masalah yaitu langkah memahami masalah dengan nilai persentase sebesar 44,8% termasuk kategori cukup, langkah merencanakan solusi pemecahan masalah dengan nilai persentase sebesar 47% dengan kategori cukup, langkah melaksanakan solusi pemecahan masalah nilai persentase sebesar 33,65% dengan kategori kurang, dan langkah memeriksa kembali solusi yang diperoleh nilai persentase sebesar 29,5% dengan kategori kurang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BIO-156 / 153.43 Ran a |
Keywords: | kemampuan pemecahan masalah; pembelajaran biologi; materi narkotika; psikotropika dan zat adiktif |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 09:25 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 09:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49406 |