Silaban, Irene Margareta (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI BERBASIS ISPRING SUITE 10 RI PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS XI-MIA DI SMA DI SWASTA METHODIST 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4183141033 COVER.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
2. 4183141033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
3. 4183141033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
4. 4183141033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
5. 4183141033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
6. 4183141033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
7. 4183141033 TABLES.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
8. 4183141033 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
9. 4183141033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
13. 4183141033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
14. 4183141033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan Multimedia Pembelajaran yang dikembangkan berbasis ispring suite 10 sebagai sumber belajar mandiri pada materi sistem pernapasan kelas XI SMA. Media Pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan validasi ahli yakni ahli materi, ahli media dan berdasarkan uji lapangan untuk memperoleh respon dan penilaian oleh guru bidang studi, dan siswa. Penelitian ini menggunakan desain pengembangan instruksional model 4-D oleh Thiagarajan yang meliputi 4 tahapan yakni; define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran) yang dibatasi pada uji lapangan terbatas dan penyebaran terbatas untuk melihat hasil ketuntasan belajar klasikal siswa.Persiapan penelitian dimulai pada bulan Agustus 2021 dan dilaksanakan pada bulan Oktober 2021 – Juli 2022. Uji coba produk dilakukan di SMA Swasta Methodist 8 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Multimedia Pembelajaran yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri siswa karena memenuhi kriteria kelayakan. Berdasarkan validasi ahli diperoleh mean skor 4,40 atau 88% (sangat layak) dari ahli materi. Sedangkan dari ahli media diperoleh skor mean skor 4,62 atau 92,4% (sangat layak). Berdasarkan hasil uji lapangan terhadap respon guru dan siswa diperoleh mean skor 87,05(sangat layak) dari hasil penilaian guru bidang studi dan mean skor 90,62 (sangat layak) dari hasil penilaian siswa. Ketuntasan belajar klasikal siswa pada penyebaran terbatas mendapat persentase 86,15% (sangat layak)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BIO-128 / 371.33 Sil p |
Keywords: | Pengembangan; Multimedia Pembelajaran; Sistem Pernapasan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 08:51 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 08:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49404 |