Sitorus, Riscal Boni Tamaro (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH TERINTEGRASI NILAI- NILAI KARAKTER PADA MATERI SISTEM RESPIRASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SIPOHOLON T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4181141034 COVER.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
2. 4181141034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
3. 4181141034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
4. 4181141034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
5. 4181141034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
6. 4181141034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
7. 4181141034 TABLES.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
8. 4181141034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
9. 4181141034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
13. 4181141034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
14. 4181141034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan multimedia interaktif pembelajaran terintegrasi nilai-nilai karakter yang dikembangkan menggunakan Software Adobe Flash CS 6 pada materi sistem respirasi pada manusia berdasarkan tanggapan ahli materi, ahli media, guru bidang studi dan siswa. Penelitian ini menggunakan desain pengembangan instruksional model 4-D, meliputi tahap define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran), dibatasi pada tahap penyebaran terbatas untuk melihat ketuntasan belajar klasikal siswa yaitu kepada 36 orang siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Sipoholon T.A 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran materi sistem respirasi manusia karena memenuhi kriteria kelayakan dengan skor rata-rata 4,4 dari ahli materi yang termaksuk dalam kriteria sangat baik, skor rata-rata 4,3 dari ahli media yang termaksuk dalam kriteria sangat baik, skor rata-rata 4,7 dari guru bidang studi yang termaksuk dalam kriteria sangat baik, dan skor rata-rata setiap uji 4,5 dari siswa yang termaksuk dalam kriteria sangat baik. Ketuntasan belajar siswa pada penyebaran terbatas , mendapat persentase 94 %. Multimedia interaktif yang di integrasikan dengan nilai karakter menggunakan Software Adobe Flash CS 6 mendapat rata-rata skor total sebesar 0,9 terletak pada nilai X> 0,8 yang termaksuk dalam kriteria “sangat layak”. Skor total menurut penilaian siswa sebesar 0,9 ini menjelaskan bahwa produk ini tela telah memuat nilai-nilai karakter yang ditetapkan dan sesuai dengan kebutuhan siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BIO-129 / 371.334 Sit p |
Keywords: | Adobe Flash; multimedia interaktif; nilai karakteR; pengembangan; sistem respirasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 06:03 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 06:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49392 |