Sari, Siti Mayang (2022) Pengembangan Buku Ajar Konsep Dasar IPA Berbasis Model PBL Melalui C-PLE untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa PGSD. Doctoral thesis, UNIMED.
1. NIM8196185002 COVER.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
2. NIM8196185002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (649kB) | Preview
3. NIM8196185002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
4. NIM8196185002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
5. NIM8196185002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM8196185002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
7. NIM8196185002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
8. DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
9. NIM8196185002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
10. NIM8196185002 BAB I.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
14. NIM8196185002 BAB V.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
15. NIM8196185002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
Abstract
Menghadapi transformasi digital yang berkelanjutan diperlukan kebaruan pada
perangkat buku ajar yang memungkinkan mahasiswa dapat mengakses
pengetahuan melalui buku ajar dimanapun dan kapanpun. Mahasiswa PGSD
memerlukan buku ajar pembelajaran IPA berbasis model PBL melalui C-PLE
secara online yang dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan
kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan buku ajar konsep dasar IPA yang di ajarkan diperguruan tinggi
pada prodi PGSD di matakuliah konsep dasar IPA. Pengembangan buku ajar
konsep dasar IPA (BAKDIPA). Penelitian pengembangan ini menghasilkan
kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari buku ajar yang dikembangkan
berbasis model PBL melalui C-PLE. Metode penelitian yang digunakan adalah
pengembangan R&D (Research and Development ). Pengembangan buku ajar
konsep dasar IPA berbasis model PBL dikembangkan berdasarkan sintaks model,
sistem sosial, pengolahan sistem pengguna, sistem pendukung, dan dampak
instruksional, serta instrumen-intrumen berupa lembar validasi, oleh ahli dan
praktisi. Berdasarkan hasil pengembangan BAKDIPA memperoleh hasil yang
valid dan memenuhi kriteria kevalidan secara isi dengan nilai 4,5 kategori layak,
kevalidan KPS sebesar 4,3 dengan kategori layak, dan kevalidan LKM sebesar 4,2
dengan kategori laak, aspek kepraktisan buku ajar berbasis model PBL dengan
nilai kevalidan sebesar 3,9 dengan kategori cukup layak dan dapat
diimplementasikan. Uji normalitas pengguna dilihat dari nilai pretest dan posttest
keefektifan C-PLE dalam penerapan produk menunjukkan pengaruh keefektifan
ang tinggi dengan nilai N-Gain 0,813, nilai uji ttabel 2,87 dan uji thitung 8,054 pada
taraf signifikan dengan kriteria tinggi. Kompetensi yang hendak dicapai setelah
penelitian ini adalah mahasiswa dapat: Menjelaskan karakteristik IPA, Kedudukan
IPA sebagai produk, proses, dan sikap, serta menjelaskan pengertian IPA menurut
teori behavioristik dan kontruktivistik
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Sar p |
Keywords: | Buku Ajar; Konsep Dasar IPA; Model PBL; C-PLE; KPS; Berpikir Kreatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar (S3) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 10:02 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 10:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49363 |