Sihombing, Lisbet Novianti (2022) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Bermuatan Karakter Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. Doctoral thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176184002 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. NIM. 8176184002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
3. NIM. 8176184002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. NIM. 8176184002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
5. NIM. 8176184002 TABEL OF COTENT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. NIM. 8176184002 TABELS.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
7. NIM. 8176184002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. NIM. 8176184002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (868kB) | Preview
12. NIM. 8176184002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
13. NIM. 8176184002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini didasari oleh permasalahan terkait rendahnya peningkatan berpikir kreatif dan pengembangan karakter dalam pembelajaran siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran berbasis masalah bermuatan karakter yang valid, efektif dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Model pembelajaran berbasis masalah bermuatan karakter dikembangkan dengan memenuhi kriteria komponen model pembelajaran yaitu: sintaks model, sistem sosial, prinsip reaksi pengelolaan, sistem pendukung, dan dampak instruksional dan pengiring. Penelitian dan pengembangan model pembelajaran yang dilakukan mengikuti model Plomp. Lokasi Penelitian ini dilaksanakan di empat SD Negeri dengan sampel 80 orang siswa yang terdapat di kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun. Instrumen yang dikembangkan berupa lembar validasi model pembelajaran dan perangkat pembelajaran yang divalidasi oleh ahli dan praktisi. Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran berbasis masalah bermuatan karakter yang memenuhi kriteria valid baik dari segi isi dan konstruk, praktis dan efektif berada pada level tinggi. Implikasi penelitian ini berupa model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Rekomendasi bagi peneliti selanjutnya supaya menerapkan model pembelajaran berbasis masalah bermuatan karakter pada tema yang lain
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Sih p |
Keywords: | Berpikir kreatif Model Pembelajaran Berbasis masalah; Pembelajaran Tematik; Pendidikan karakter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar (S3) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 09:34 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 09:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49362 |