Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Bermuatan Karakter Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar

Sihombing, Lisbet Novianti (2022) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Bermuatan Karakter Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. Doctoral thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8176184002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8176184002 COVER.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8176184002 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8176184002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8176184002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8176184002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8176184002 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8176184002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8176184002 TABEL OF COTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8176184002 TABEL OF COTENT.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8176184002 TABELS.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8176184002 TABELS.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8176184002 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8176184002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8176184002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8176184002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (868kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8176184002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8176184002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8176184002 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8176184002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh permasalahan terkait rendahnya peningkatan berpikir kreatif dan pengembangan karakter dalam pembelajaran siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran berbasis masalah bermuatan karakter yang valid, efektif dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Model pembelajaran berbasis masalah bermuatan karakter dikembangkan dengan memenuhi kriteria komponen model pembelajaran yaitu: sintaks model, sistem sosial, prinsip reaksi pengelolaan, sistem pendukung, dan dampak instruksional dan pengiring. Penelitian dan pengembangan model pembelajaran yang dilakukan mengikuti model Plomp. Lokasi Penelitian ini dilaksanakan di empat SD Negeri dengan sampel 80 orang siswa yang terdapat di kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun. Instrumen yang dikembangkan berupa lembar validasi model pembelajaran dan perangkat pembelajaran yang divalidasi oleh ahli dan praktisi. Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran berbasis masalah bermuatan karakter yang memenuhi kriteria valid baik dari segi isi dan konstruk, praktis dan efektif berada pada level tinggi. Implikasi penelitian ini berupa model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Rekomendasi bagi peneliti selanjutnya supaya menerapkan model pembelajaran berbasis masalah bermuatan karakter pada tema yang lain

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: 371.3 Sih p
Keywords: Berpikir kreatif Model Pembelajaran Berbasis masalah; Pembelajaran Tematik; Pendidikan karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar (S3)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 23 Nov 2022 09:34
Last Modified: 23 Nov 2022 09:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49362

Actions (login required)

View Item
View Item