Pane, Efyka Tamala Sitorus (2022) Pengembangan Soal HOTS Pada Pembelajaran Sejarah Untuk Kelas X IPS SMA Negeri 1 Doloksanggul. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3182121008 COVER.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
2. NIM 3182121008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
3. NIM. 3182121008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
4. NIM. 3182121008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
5. NIM. 3182121008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM. 3182121008 TABLES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM. 3182121008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
8. NIM. 3182121008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM. 3182121008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
13. NIM. 3182121008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
14. NIM. 3182121008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal HOTS sejarah untuk kelas X SMA pada materi pokok bahasan Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Research & Development dengan menggunakan metode pengembangan Sugiyono. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 9 (Sembilan) tahapan dari 10 tahapan yang ada. Produk soal dalam penelitian ini divalidasi oleh 2 ahli, yaitu ahli desain dan ahli materi yang merupakan dosen pendidikan sejarah. Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Doloksanggul. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian untuk ahli desain, ahli materi dan angket uji produk oleh pengguna serta tes hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan dalam validasi desain dan materi mencapai nilai persentase 92,5% dengan kategori layak tanpa revisi, serta pada uji coba pengguna pada kelompok kecil pada aspek materi 90,71%, aspek konstruksi 91,78% dan Bahasa 95,41%. Pengembangan soal HOTS dalam penelitian ini juga dilakukan analisis tes hasil seperti uji validitas dengan hasil ada 17 soal yang valid dan 3 tidak valid; uji reliabilitas dengan hasil reliabel tes tinggi; tingkat kesukaran dengan hasil ada 1 soal kategori “mudah”, 13 soal kategori “sedang”, 6 soal pada kategori “sukar” dan daya beda dengan hasil ada 7 soal kategori “baik”, 10 soal kategori “cukup” dan ada 3 soal kategori “jelek”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-SJRH-072 |
Keywords: | Penelitian dan pengembangan (R&D); Soal HOTS; Sejarah; Kerajaan Islam di Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 02 Jan 2023 02:09 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 02:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49356 |