Neliana, - (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X MAS Islamiyah Batahan Silaping T.A. 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3182121004 COVER.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
2. NIM 3182121008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
3. NIM. 3182121004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
4. NIM. 3182121004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
5. NIM. 3182121004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM. 3182121004 TABLES.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
7. NIM. 3182121004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
8. NIM. 3182121004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
9. NIM. 3182121004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
13. NIM. 3182121004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
14. NIM. 3182121004 CHAPTER BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar sejarah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen, artinya terdapat perbedaan perlakuan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga dapat dilihat perbedaannya. Populasi penelitian ini kelas X IPS MAS Islamiyah Batahan Silaping yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah seluruh siswa 56 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik Claster random sampling, kelas eksperimen adalah kelas X IPS I diajarkan dengan menerapkan model pembelajaran Flipped Classroom dan kelas kontrol ialah kelas X IPS II dengan model pembelajaran ceramah. Berdasarkan hasil belajar nilai rata-rata siswa pada kelas X IPS I mencapai 86,42 sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada kelas X IPS II mencapai 72,5. Perbedaan hasil belajar juga ditunjukkan dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan taraf signifikan ά = 0,05 dimana Thitung > Ttabel yaitu 7,4 > 1,788 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, dan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-SJRH-073 |
Keywords: | Hasil Belajar Siswa; Model Pembelajaran; Flipped Classroom |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 02 Jan 2023 02:00 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 02:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49354 |