Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Resiliensi Siswa SMP Gajah Mada Medan.

Alvira, Lairani Dwi (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Resiliensi Siswa SMP Gajah Mada Medan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.  8206171012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8206171012 COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2.  8206171012 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 8206171012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[thumbnail of 3.  8206171012  ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 8206171012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 4.  8206171012  PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 8206171012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 5.  8206171012  TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 8206171012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 6.  8206171012 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 8206171012 TABLES.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 7.  8206171012  ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 8206171012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 8.  8206171012 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. 8206171012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 12.  8206171012  CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. 8206171012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 13.  8206171012  BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. 8206171012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: validitas, kepraktisan dan efektifitas perangkat pembelajaran berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning, peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan resiliensi siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dan proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan berpikir kritis matematis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi dan observasi, Buku Siswa, Tes berpikir kritis matematis dan Angket Resiliensi Siswa. Uji coba I dilakukan pada siswa kelas VIII-A dan uji coba II di kelas VIII-B SMP Gajah Mada Medan. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Validitas Perangkat pembelajaran Contextual Teaching and Learning meliputi BS, LKPD, TKBKM, Angket Resiliensi Siswa yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid; (2) Kepraktisan Perangkat pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning yang dikembangkan diperoleh bahwa: perangkat dapat dipergunakan dengan sedikit revisi dan hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran di kelas diperoleh rata-rata nilai praktis, reliabilitas instrumen perangkat baik; (3) Keefektifan Perangkat pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning yang dikembangkan menunjukkan ketuntasan klasikal pre-test siswa pada uji coba I sebesar 22,73% dan post- test 72,73%. Sedangkan pre-test siswa pada uji coba II sebesar 27,27% dan post-test 86,36%, lebih dari 80% siswa memberikan respon positif terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan dan lebih dari 85% setiap komponen keterlibatan siswa menunjukkan siswa aktif dalam pembelajaran; (4) Kemampuan berpikir kritis matematis dan resiliensi siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning yang dikembangkan meningkat dengan skor N-gain 0,58 untuk kemampuan berpikir kritis matematis dan 0,51 untuk resiliensi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Alv p
Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Model 4-D, Pendekatan Contextual Teaching and Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Resiliensi Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 23 Nov 2022 04:04
Last Modified: 30 Nov 2022 23:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49336

Actions (login required)

View Item
View Item