Hidayat, Dedi (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Kreativitas Terhadap Hasil Belajar IPS di SDN Meunuang Kinco Kabupaten Aceh Barat T.A. 2021/2022. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8206182010 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 8206182010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 8206182010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
4. NIM. 8206182010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
5. NIM. 8206182010 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
6. NIM. 8206182010 TABLES.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
7. NIM. 8206182010 DIAGRAHM.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
8. NIM. 8206182010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
9. NIM. 8206182010 PICTURES.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
10. NIM. 8206182010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
14. NIM. 8206182010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
15. NIM. 8206182010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif dan kreativitas terhadap hasil belajar IPS di SDN Meunuang Kinco Kabupaten Aceh Barat T.A.2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Meunuang Kinco dan SDN Seumantok Kabupaten Aceh Barat. Waktu penelitian dimulai pada bulan April 2022 s/d Mei 2022 tepatnya semester genap tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain 2 x 2. Hasil penelitiannya adalah : 1) Hasil uji anava dalam penelitian ini diperoleh Fh = 3,01 dan Ft = 2,72 (signifikan = 0,05) yang mana Fh > Ft, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model kooperatif STAD dan Jigsaw terhadap hasil belajar IPS di SDN Meunuang Kinco Kabupaten Aceh Barat T.A. 2021/2022. 2) Hasil uji tukey pada penelitian ini diperoleh Qh = 5,75 dan Qt = 3,23 yang mana Qh > Qt sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang diberi perlakuan model kooperatif STAD lebih tinggi daripada siswa yang diberi perlakuan model kooperatif jigsaw yang memiliki kreativitas tinggi. 3) Hasil uji tukey dalam penelitian ini diperoleh Qh = 10,75 dan Qt = 3,23 yang mana Qh > Qt sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang diberi perlakuan model kooperatif jigsaw yang memiliki kreativitas rendah lebih tinggi daripada siswa yang diberi perlakuan model kooperatif STAD yang memiliki kreativitas rendah. 4) Hasil uji tukey dalam penelitian ini diperoleh Fh = 32,84 dan Qt = 2,72 yang mana Qh > Qt sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan kreativitas terhadap hasil belajar IPS di SDN Meunuang Kinco Kabupaten Aceh Barat T.A. 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Hid p |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif, Kreativitas, Hasil Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 03:12 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 05:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49317 |