Silfia, Mira (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Busy Book berbasis Metode Suku Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al-Hidayah Desa Air Pinang. Masters thesis, UNIMED.
1. 8186181018 COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. 8186181018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
3. 8186181018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4. 8186181018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. 8186181018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. 8186181018 TABLES.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7. 8186181018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
8. 8186181018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
9. 8186181018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. 8186181018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14. 8186181018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Perkembangan membaca anak usia 5-6 tahun rata-rata belum berkembang ditandai dengan anak masih perlu bimbingan guru dalam melafalkan huruf, belum bisa membedakan huruf vocal dan konsonan. Untuk itu perlu adanya pengembangan media yang dapat menarik perhatian dan membantu anak dalam belajar membaca. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui tingkat kelayakan penggunaan media pembelajaran busy book berbasis metode suku kata untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun. 2) Mengetahui efektivitas pengembangan media pembelajaran busy book berbasis metode suku kata untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan model 4-D (four D model) terdiri atas 4 tahap utama, yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B RA Al-Hidayah Desa Air Pinang pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 11 orang terdiri dari 4 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Objek penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran busy book berbasis metode suku kata untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di RA Al-Hidayah Desa Air Pinang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah 1) lembar angket validasi tim ahli, 2) lembar angket respon anak didik dan guru, 3) lembar observasi tes kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media busy book berbasis metode suku kata sangat layak digunakan dan efektivitas pembelajaran membaca meningkat setelah menggunakan media busy book berbasis metode suku kata yang berimplikasi pada nilai rata-rata tes awal anak yaitu 34,54 dan pada tes akhir meningkat menjadi 68,18 dengan peningkatan nilai sebesar 33.64.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.4 Sil p |
Keywords: | media busy book, metode suku kata, kemampuan membaca |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 03:08 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 06:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49316 |