Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Disposisi Matematis Siswa

Sihombing, David Examen (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Disposisi Matematis Siswa. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.  8214071014 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8214071014 COVER.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 2.  8214071014 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 8214071014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[thumbnail of 3.  8214071014 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 8214071014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 4.  8214071014 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 8214071014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 5.  8214071014 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 8214071014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of 6.  8214071014 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 8214071014 TABLES.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 7.  8214071014 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 8214071014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 8.  8214071014 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. 8214071014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (911kB) | Preview
[thumbnail of 12.  8214071014 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. 8214071014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 13.  8214071014 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. 8214071014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis bagaimana validitas, kepraktisan dan efektifitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui model problem based learning pada aljabar di kelas VII SMP Negeri 4 Tarutung; 2) Menganalisis bagaimana peningkatan kemampuan koneksi matematis setelah menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui model materi aljabar di kelas VII SMP Negeri 4 Tarutung; 3) Menganalisis bagaimana peningkatan Disposisi matematis siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui model materi Aljabar di kelas VII SMP Negeri 4 Tarutung. Penelitian ini dikategorikan ke dalam jenis Penelitian Pengembangan (Development Research) dengan menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu model 4-D (Four D Model). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Tarutung. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tarutung yakni kelas VII-A dan VII-B tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kevalidan perangkat pembelajaran dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning berdasarkan Rencana Perangkat Pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik, Buku Guru dan Buku Siswa yang digunakan termasuk kategori valid dengan rata-rata masing-masing secara berturut-turut hasil validasi, yaitu 4,61, 461, 4,64 dan 4,63, kepraktisan perangkat pembelajaran dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas berdasarkan keterlaksanaan perangkat pembeajaran dengan rata – rata nilai pengamatan pada uji coba I sebesar 4,18 dan pada uji coba II sebesar 4,38 dan juga perangkat pembelajaran dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning sudah efektif untuk digunakan dalam pembelajaran; 2) Peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa setelah menggunakan model pembelajaran problem based learning pada materi aljabar berdasarkan rata-rata pencapaian kemampuan koneksi matematis siswa berdasarkan hasil posttest uji coba I adalah sebesar 77,75 meningkat menjadi 82,25 pada uji coba II; 3) Skor disposisi matematis siswa telah meningkat berdasarkan skor siswa pada uji coba I sebesar 3,45 sedangkan rata-rata skor disposisi matematis siswa pada uji coba II sebesar 3,625.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Sih p
Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Problem Based Learning, Kemampuan Koneksi, Disposisi Matematis Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 23 Nov 2022 03:03
Last Modified: 23 Nov 2022 06:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49314

Actions (login required)

View Item
View Item