Sihombing, David Examen (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Disposisi Matematis Siswa. Masters thesis, UNIMED.
1. 8214071014 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
2. 8214071014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
3. 8214071014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. 8214071014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. 8214071014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
6. 8214071014 TABLES.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
7. 8214071014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
8. 8214071014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (911kB) | Preview
12. 8214071014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
13. 8214071014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis bagaimana validitas, kepraktisan dan efektifitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui model problem based learning pada aljabar di kelas VII SMP Negeri 4 Tarutung; 2) Menganalisis bagaimana peningkatan kemampuan koneksi matematis setelah menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui model materi aljabar di kelas VII SMP Negeri 4 Tarutung; 3) Menganalisis bagaimana peningkatan Disposisi matematis siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui model materi Aljabar di kelas VII SMP Negeri 4 Tarutung. Penelitian ini dikategorikan ke dalam jenis Penelitian Pengembangan (Development Research) dengan menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu model 4-D (Four D Model). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Tarutung. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tarutung yakni kelas VII-A dan VII-B tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kevalidan perangkat pembelajaran dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning berdasarkan Rencana Perangkat Pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik, Buku Guru dan Buku Siswa yang digunakan termasuk kategori valid dengan rata-rata masing-masing secara berturut-turut hasil validasi, yaitu 4,61, 461, 4,64 dan 4,63, kepraktisan perangkat pembelajaran dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas berdasarkan keterlaksanaan perangkat pembeajaran dengan rata – rata nilai pengamatan pada uji coba I sebesar 4,18 dan pada uji coba II sebesar 4,38 dan juga perangkat pembelajaran dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning sudah efektif untuk digunakan dalam pembelajaran; 2) Peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa setelah menggunakan model pembelajaran problem based learning pada materi aljabar berdasarkan rata-rata pencapaian kemampuan koneksi matematis siswa berdasarkan hasil posttest uji coba I adalah sebesar 77,75 meningkat menjadi 82,25 pada uji coba II; 3) Skor disposisi matematis siswa telah meningkat berdasarkan skor siswa pada uji coba I sebesar 3,45 sedangkan rata-rata skor disposisi matematis siswa pada uji coba II sebesar 3,625.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Sih p |
Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Problem Based Learning, Kemampuan Koneksi, Disposisi Matematis Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 03:03 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 06:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49314 |