Harahap, Muhammad Rizki (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Lectora Inspire Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8186141005 COVER.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
2. 8186141005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
3. 8186141005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
4. 8186141005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
5. 8186141005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
6. 8186141005 TABLES.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
7. 8186141005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
8. 8186141005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
9. 8186141005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
13. 8186141005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
14. 8186141005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Kemajuan teknologi dan informasi saat ini menuntut adanya kesesuaian dalam pemilihan model dan media pembelajaran, model pembelajaran dan media yang tepat akan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media yang telah dikembangkan yaitu Lectora Inspire sesuai dengan Badan Standar Nasional Pendidikan, pengaruh penggunaanya dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan langkah- langkah adaptasi pada pendekatan ADDIE. Penelitian tahap implementasi menggunakan media lectora inspire tersebut dilakukan dengan Pre-Experiment Designs bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Pemilihan sampel yang dilakukan dengan teknik purposive sampling, sampel yang diteliti adalah siswa SMA Negeri 1 Siantar sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa, angket BSNP modifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pengembangan media pembelajaran lectora inspire pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit: (1) rata-rata kelayakan penggunaan media lectora inspire tersebut pada semua kriteria BSNP adalah kategori sangat layak yaitu (aspek kelayakan isi = 3,87; dan aspek kelayakan penyajian =3,68); penggunaannya berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa tersebut (dengan skor N-gain sebesar 0,692).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.72 Har p |
Keywords: | Hasil Belajar, Media Lectora Inspire. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Nov 2022 09:01 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 05:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49307 |