Simanihuruk, Septina (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN FLIP PDF CORPORATE EDITION PADA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI PADA SEGITIGA SIKU-SIKU DI SMA N 1 SUMBUL. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4182111019 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM 4182111019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
3. NIM 4182111019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
4. NIM 4182111019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
5. NIM 4182111019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
6. NIM 4182111019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
7. NIM 4182111019 TABLES.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
8. NIM 4182111019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
9. NIM 4182111019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
13. NIM 4182111019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
14. NIM 4182111019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari e-modul yang dikembangkan yang akan digunakan untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada materi Perbandingan Trigonometri pada Segitiga Siku-Siku kelas X di SMAN 1 Sumbul . Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah kelas X-MIA 1 SMANegeri 1 Sumbul T.A. 2021/2022. Uji coba media dilakukan pada dua skala yaitu uji coba skala kecil dengan 10 orang siswa dan skala besar dengan 35 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) lembar angket validasi e-modul oleh ahli materi dan lembar angket validasi e-modul oleh ahli media; (2) lembar angket kepraktisan e-modul oleh guru dan siswa dan (3) soal pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan valid dan layak digunakan. Hal ini terlihat dari hasil penilaian yang diberikan oleh ahli materi dengan skor persentase 86% dan ahli media dengan skor persentase 82,64% yaitu dengan kategori “sangat layak”. Media pembelajaran yang dikembangkan juga Praktis dengan skor kepraktisan oleh guru sebesar 83,54% dan skor kepraktisan oleh siswa sebesar 87,67% dengan kategori “sangat praktis”. Dan keefektifan media pembelajaran dilihat dari ketuntasan belajar klasikal siswa yang mencapai 88,57%, dan melalui uji N-Gain menunjukkan ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 0,680 dengan kategori peningkatan sedang. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan layak, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-MAT-233 / 371.33 Sim p |
Keywords: | pengembangan; e-modul; kevalidan; kepraktisan; keefektifan; ketuntasan belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 10:17 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 10:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49283 |