Pengembangan E-Modul Flip Pdf Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Dan Spatial Ability Siswa MIN 2 Serdang Bedagai. Pendidikan Dasar

Ismail (2022) Pengembangan E-Modul Flip Pdf Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Dan Spatial Ability Siswa MIN 2 Serdang Bedagai. Pendidikan Dasar. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8186182026 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8186182026 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8186182026 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8186182026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8186182026 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8186182026 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8186182026 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8186182026 PREFACE.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8186182026 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8186182026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8186182026 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8186182026 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8186182026 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8186182026 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8186182026 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8186182026 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8186182026 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8186182026 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (534kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8186182026 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8186182026 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8186182026 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8186182026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (492kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan spatial ability siswa MIN 2 Serdang Bedagai, kuranganya bahan belajar siswa yang dimiliki oelah Madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan, menemukan e-modul flip pdf berbasis pendekatan saintifik yang praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan spatial ability siswa MIN 2 Serdang Bedagai. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D Thiagarajan. Subjek uji coba penelitian adalah siswa kelas V MIN 2 Serdang Bedagai dan objek penelitian adalah media pembelajaran e-modul flip pdf berbasis pendekatan saintifik. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket, observasi pembelajaran, tes kemampuan pemecahan masalah dan spatial ability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) E-modul flip pdf berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan valid dengan rata-rata skor total 3,78. 2) E-Modul flip pdf berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan praktis dengan skor observasi keterlaksanaan pembelajaran meningkat menjadi 3,71. 3) E-modul pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria efektif berdasarkan indikator: a) secara klasikal 88,46% tuntas, b) pencapaian waktu aktivitas siswa ideal, c) rata-rata respon siswa adalah 3,73 kategori tertarik dan d) tujuan pembelajaran tercapai dengan capaian tujuan pembelajaran 1 diperoleh sebesar 92,31%, ketercapaian tujuan pembelajaran 2 diperoleh sebesar 79,01% dan ketercapaian tujuan pembelajaran 3 diperoleh hasil sebesar 91,54%. Nilai N-gain pemecahan masalah sebeasar 0,61 dengan kriteria sedang (0,3<g≤0,7) dan spatial ability dengan nilai N-gain 0,39 dengan kriteria sedang (0,3<g≤0,7).

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: e-modul, Saintifik, Spatial Ability, Pemecahan Masalah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 21 Nov 2022 02:50
Last Modified: 01 Dec 2022 04:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49270

Actions (login required)

View Item
View Item