Tarigan, Ita Margaretta Br (2022) Analysis of Students' Mathematical Problem-Solving Ability in terms of Gender Differences at SMP N 1 Kuta Buluh. Masters thesis, UNIMED.
1. 8206172019 COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
2. 8206172019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. 8206172019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. 8206172019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
5. 8206172019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
6. 8206172019 TABLES.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
7. 8206172019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
8. 8206172019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. 8206172019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
13. 8206172019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (593kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari perbedaan gender di kelas VIII-A SMP N 1 Kuta Buluh; (2) perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari perbedaan gender di kelas VIII-A SMP N 1 Kuta Buluh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif (mixed methods). Penelitian ini dilakukan di SMP N 1 Kuta Buluh tahun pelajaran 2021/2022. Subyek penelitian terdiri dari 12 orang siswa, 6 orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan.
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII-A SMP N 1 Kuta Buluh ditinjau dari perbedaan gender menunjukkan tahap memahami masalah, tahap menyusun rencana pemecahan masalah, tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan tahap memeriksa
kembali hasil pemecahan masalah siswa perempuan lebih baik dibandingkan siswa laki-laki. (2). Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa laki-laki dan perempuan paling tinggi pada tahap memahami masalah dan menyusun rencana pemecahan masalah, selanjutnya tahap memeriksa kembali hasil pemecahan masalah dan tahap melaksanakan rencana pemecahan
masalah. Hal ini juga dapat dilihat dari rata-rata persentase setiap tahapan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yaitu tahap memahami masalah dengan perbedaan 22,62 %, tahap menyusun rencana pemecahan masalah dengan perbedaan 12,26 %, tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah dengan perbedaan 0,06 %, dan tahap memeriksa kembali hasil pemecahan masalah dengan perbedaan 2,62 %. Disarankan perlunya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, siswa harus dilatih dan dibiasakan dalam pemecahan masalah dan perlunya sosialisasi sekolah terkait kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Tar a |
Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Gender |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 21 Nov 2022 02:50 |
Last Modified: | 19 May 2023 00:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49269 |