Alvira, Lairani Dwi (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Resiliensi Siswa SMP Gajah Mada Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. 8206171012 COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
2. 8206171012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
3. 8206171012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
4. 8206171012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
5. 8206171012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
6. 8206171012 TABLES.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
7. 8206171012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
8. 8206171012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
12. 8206171012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. 8206171012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: validitas, kepraktisan dan efektifitas perangkat pembelajaran berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning, peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan resiliensi siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dan proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan berpikir kritis matematis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi dan observasi, Buku Siswa, Tes berpikir kritis matematis dan Angket Resiliensi Siswa. Uji coba I dilakukan pada siswa kelas VIII-A dan
uji coba II di kelas VIII-B SMP Gajah Mada Medan. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Validitas Perangkat pembelajaran Contextual Teaching and Learning meliputi
BS, LKPD, TKBKM, Angket Resiliensi Siswa yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid; (2) Kepraktisan Perangkat pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning yang dikembangkan diperoleh bahwa: perangkat dapat dipergunakan dengan sedikit revisi dan hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran di kelas diperoleh rata-rata nilai praktis, reliabilitas instrumen perangkat baik; (3) Keefektifan
Perangkat pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning yang dikembangkan menunjukkan ketuntasan klasikal pre-test siswa pada uji coba I sebesar 22,73% dan posttest
72,73%. Sedangkan pre-test siswa pada uji coba II sebesar 27,27% dan post-test 86,36%, lebih dari 80% siswa memberikan respon positif terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan dan lebih dari 85% setiap komponen keterlibatan siswa menunjukkan siswa aktif dalam pembelajaran; (4) Kemampuan berpikir kritis matematis dan resiliensi siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning yang dikembangkan meningkat dengan skor N-gain 0,58 untuk kemampuan berpikir kritis matematis dan 0,51 untuk resiliensi siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Alv p |
Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Model 4-D, Pendekatan Contextual Teaching and Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Resiliensi Siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 21 Nov 2022 02:36 |
Last Modified: | 16 May 2023 10:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49265 |