Gea, Kurnia Mildawati (2022) Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis RME untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Gajah Mada Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. 8206171010 COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
2. 8206171010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
3. 8206171010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
4. 8206171010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
5. 8206171010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
6. 8206171010 TABLES.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
7. 8206171010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
8. 8206171010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
12. 8206171010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. 8206171010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar digital berbasis Realistic Mathematics Education (RME) yang dikembangkan
untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik dan kemandirian belajar siswa; 2) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik dan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan bahan ajar digital berbasis Realistic
Mathematics Education (RME). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE dengan subjek penelitian 20 orang siswa/i kelas VIII-A dan 20 orang siswa/i kelas VIII-B di SMP Gajah Mada Medan. Objek dalam penelitian ini adalah bahan ajar digital berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Kevalidan bahan ajar digital yang dikembangkan ditinjau dari analisis hasil validitas bahan ajar digital oleh para validator dengan nilai rata-rata total sebesar 3,37 (kategori “valid”). Sementara itu, kepraktisan bahan ajar digital dilihat dari skor observasi keterlaksanaan pembelajaran pada uji coba II yaitu sebesar 3,73 (kategori “terlaksana dengan baik”). Keefektifan bahan ajar digital ditinjau dari empat aspek yaitu ketuntasan klasikal, skor angket kemandirian belajar, respon siswa, dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Ketuntasan klasikal kemampuan pemecahan masalah siswa pada uji coba II sebesar 90% (18 siswa). Rata-rata skor angket kemandirian belajar siswa yaitu sebesar 61,70 (kategori “tinggi”). Rata-rata respon siswa pada uji coba II adalah 3,75 (kategori “tertarik). Rata-rata keterlibatan siswa dalam pembelajaran pada uji coba II sebesar 87,92 % (kategori “aktif”). Berdasarkan indeks gain ternormalisasi, diperoleh bahwa pada uji coba II terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 0,34 (kriteria “sedang”) dan peningkatan kemandirian belajar siswa sebesar 0,44 (kriteria “sedang”).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Gea p |
Keywords: | Bahan Ajar Digital, Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik, Kemandirian Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 21 Nov 2022 02:29 |
Last Modified: | 16 May 2023 10:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49263 |