Atika, Endah Dwi (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Macromedia Flash Menggunakan Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Visual Thinking dan Motivasi Belajar Siswa. Masters thesis, UNIMED.
1. 8196172019 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. 8196172019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (820kB) | Preview
3. 8196172019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4. 8196172019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. 8196172019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. 8196172019 TABLES.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7. 8196172019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
8. 8196172019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. 8196172019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
13. 8196172019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan dengan macromedia flash menggunakan pendekatan realistik pada pembelajaran matematika; 2) peningkatan kemampuan visual thinking siswa kelas VIII SMP Negeri 30 medan dengan menggunakan media pembelajaran berbantuan macromedia flash yang dikembangkan menggunakan pendekatan realistik; 3) peningkatan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Medan dengan menggunakan media pembelajaran berbantuan macromedia flash yang dikembangkan menggunakan pendekatan realistik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Thiagarajan, Semmel dan Semmel (4-D). Uji coba dilakukan sebanyak dua kali. Uji coba I dilakukan di kelas VIII-4 dan uji coba II dilakukan di kelas VIII-6 di SMP Negeri 30 Medan. Objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran matematika berbantuan macromedia flash menggunakan pendekatan realistik pada materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok). Hasil penelitian menunjukkan: 1) Media pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria: (a) Valid dengan nilai rata-rata sebesar 3,73 pada kategori valid, (b) Praktis dengan skor rata-rata sebesar 3,73 pada kategori terlaksana dengan baik pada uji coba II, dan (c) efektif ditinjau dari ketuntasan klasikal kemampuan visual thinking siswa pada uji coba II sebesar 87,5%, persentase pencapaian waktu ideal siswa pada uji coba II untuk tiga pertemuan, dan hasil respon siswa pada uji coba II dengan nilai rata-rata 3,75 pada kategori tertarik; 2) Kemampuan visual thinking siswa meningkat, ditinjau dari skor N-Gain pada uji coba II yang terjadi peningkatan nilai dengan skor 0,40 pada kategori sedang; 3) Motivasi belajar siswa menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan terjadi peningkatan nilai rata-rata pada uji coba II yaitu 81,05 dengan kategori tinggi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Ati p |
Keywords: | Media Pembelajaran Macromedia Flash, Pendekatan Realistik, Kemampuan Visual Thinking, Motivasi Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 21 Nov 2022 02:11 |
Last Modified: | 16 May 2023 10:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49257 |