Zaky, Naufal (2022) Pengaruh Metode Demonstrasi Berbantuan Media Video Terhadap Minat dan Hasil Belajar PPKn Pada Siswa Kelas V. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar. Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan Tahun 2022. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8206182024 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM. 8206182024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 8206182024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 8206182024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
5. NIM. 8206182024 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
6. NIM. 8206182024 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 8206182024 PICTURES.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
8. NIM. 8206182024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
9. NIM. 8206182024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
13. NIM. 8206182024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
14. NIM. 8206182024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh signifikan metode demonstrasi berbantuan video terhadap minat belajar PPKn siswa kelas V; (2) Pengaruh signifikan metode demonstrasi berbantuan video terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V; (3) Pengaruh signifikan metode demonstrasi berbantuan video terhadap minat dan hasil belajar PPKn siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Teladan Guppi Kecamatan Padang Hilir Kota Tebing Tinggi yang berjumlah 44 siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V-A yang berjumlah 22 siswa sebagai kelompok eksperimen dan Kelas V-B yang berjumlah 22 siswa sebagai kelompok kontrol. Analisis data dilakukan menggunakan uji Two Way ANOVA yang dapat dilihat pada hasil Test of Between-Subjects Effects menggunakan bantuan SPSS 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa;(1)Ada pengaruh yang signifikan metode demonstrasi berbantuan video terhadap minat belajar PPKn siswa kelas V di MI Teladan Guppi. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan dan nilai ℎ 16,742 > = 4,38; (2) Ada pengaruh yang signifikan metode demonstrasi berbantuan video terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V di MI Teladan Guppi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai signifikansi 0,049 < 0,05 dan nilai ℎ sebesar 4,426 > = 4,38; (3) Ada pengaruh yang signifikan metode demonstrasi berbantuan video terhadap minat belajar dan hasil belajar PPKn siswa kelas V MI Teladan Guppi. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai signifikansi 0,011 < 0,05 sehingga 0 ditolak dan 1 diterima. Terdapat interaksi antara model pembelajaran Demonstrasi berbantuan video dan minat belajar siswa dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn pada siswa kelas V.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.335 2 Zak p |
Keywords: | Metode Demonstrasi, Minat Belajar, Hasil Belajar PPKn. |
Subjects: | K Law > K Law (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 18 Nov 2022 09:48 |
Last Modified: | 16 May 2023 07:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49251 |