Rangkuti, Elvi Fitriani (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN OPEN ENDED PROBLEM BERBANTUAN VISUAL BASIC DENGAN EXCEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN RESILIENCE SISWA DI SMP SWASTA AL MANAR. Masters thesis, UNIMED.
1. 8186172014 COVER.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
2. 8186172014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
3. 8186172014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4. 8186172014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (509kB) | Preview
5. 8186172014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
6. 8186172014 TABLES.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
7. 8186172014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
8. 8186172014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. 8186172014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
13. 8186172014 BIBLIORGRAPHY.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menemukan media pembelajaran matematika yang valid, praktis dan efektif yang dikembangkan dengan pendekatan open ended problem berbantuan visual basic dengan excel; 2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan media pembelajaran matematika yang dikembangkan dengan pendekatan open ended problem berbantuan visual basic dengan excel; 3) Mendeskripsikan peningkatan resilience matematis siswa dengan menggunakan media pembelajaran matematika yang dikembangkan dengan pendekatan open ended problem berbantuan visual basic dengan excel. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap pengembangan media pembelajaran matematika dengan pendekatan open ended problem berbantuan visual basic dengan excel dengan menggunakan model pengembangan Tessmer dan tahap menguji cobakan media pembelajaran matematika yang dikembangkan di kelas VII-1 dan VII-2 SMP Swasta Al Manar. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh : 1) Validitas media pembelajaran matematika yang dikembangkan valid ditinjau dari penilaian ahli media dan ahli materi. Kepraktisan media pembelajaran telah memenuhi kriteria praktis dalam hal respon guru dan siswa terhadap media pembelajaran matematika positif dan keterlaksanaan media pembelajaran sudah tercapai. Keefektifan media pembelajaran telah memenuhi kriteria efektif ditinjau dari ketuntasan belajar siswa secara klasikal, ketercapaian tujuan pembelajaran dan penggunaan waktu yang ideal; 2) Terjadi peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada uji coba I yaitu 75,80 meningkat menjadi 82,60 pada uji coba II; dan 3) Terjadi peningkatan rata-rata total perindikator resilience matematis siswa pada uji coba I, pada uji coba 2 dan dari uji coba 1 ke uji coba 2.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Ran p |
Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran Matematika, Pendekatan open ended Problem, Visual Basic Dengan Excel, Kemampuan Berpikir Kreatif, Resilience Matematis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 18 Nov 2022 09:36 |
Last Modified: | 24 Jun 2023 22:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49245 |