Ningrum, Ajeng Sestya (2022) Pengembangan Media Audiovisual Berbentuk Animasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menganalisis Informasi Siswa Kelas V SD Tunas Pelita Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 8206182008 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM 8206182008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
3. NIM 8206182008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
4. NIM 8206182008 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
5. NIM 8206182008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
6. NIM 8206182008 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
7. NIM 8206182008 LIST OF BAGAN.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
8. NIM 8206182008 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
9. NIM 8206182008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (774kB) | Preview
13. NIM 8206182008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
14. NIM 8206182008 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya penerapan media audiovisual di SD dan guru kurang mengembangkan media audiovisual. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media audiovisual berbentuk animasi untuk meningkatkan keterampilan menganalisis informasi siswa kelas V SD Tunas Pelita dan dilaksanakan pada tahun ajaran 2021/2022 di bulan Januari 2022 s/d Maret 2022. Metode penelitian ini adalah pengembangan (research and development).Penelitian ini dilakukan dengan 9 tahap pengembangan Borg and Gall. Ahli dalam penelitian ini adalah ahli media pembelajaran, ahli kelayakan materi dan ahli konstruk. Hasil penelitian ini adalah : 1) Proses pengembangan media audiovisual berbentuk animasi pada “Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan dan dilakukan 9 tahapan penelitian, hasil perolehan skor pada uji coba kelompok kecil. tanggapan siswa terhadap produk video animasi perolehan skor 68 dengan persentase 68% dimana produk tersebut dalam kategori Cukup Valid. Hasil perolehan skor pada uji coba kelompok besar, tanggapan siswa terhadap produk video animasi pada uji kelompok besar. Hasil yang diperoleh secara keseluruhan yaitu memperoleh skor 168 dengan persentase sebesar 84% (kategori Valid). 2) Kelayakan media audiovisual diperoleh dengan kategori valid dimana penilaian ahli yang dilakukan keseluruhan, produk video animasi ini mendapatkan skor 227 dengan persentase 87,31% (kategori valid). Penilaian ahli terhadap uji coba kelompok besar bahwa produk video animasi dalam penelitian ini memperoleh skor 243 dengan persentase 93.46% (kategori valid). 3) Untuk efektivitas media audiovisual diperoleh thitung = 8,82 Dari daftar ditribusi t dengan menggunakan peluang 1-α =0,95 dengan dk n-1 (6-1) = 5 diperoleh harga ttabel = 2,07. Sehingga diperoleh t hitung > t table, dengan demikian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh video animasi terhadap kemampuan siswa menganalisis informasi pada “Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan dan subtema (2) Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.335 Nin p |
Keywords: | Media Pembelajaran, Video Animasi, Pengembangan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 18 Nov 2022 09:15 |
Last Modified: | 16 May 2023 06:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49237 |