Dalimunthe, Rini Lestari (2022) Pembuatan E-Modul Usaha dan Energi Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa. Masters thesis, UNIMED.
1. 8206175006 COVER.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
2. 8206175006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
3. 8206175006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
4. 8206175006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
5. 8206175006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
6. 8206175006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
7. 8206175006 TABLES.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
8. 8206175006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
9. 8206175006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
13. 8206175006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
14. 8206175006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang dihadapi sehingga penelitian ini dibuat adalah bahan ajar berbasis Problem Solving belum pernah digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan e-modul usaha dan energi yang dikembangkan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan pendidikan dengan menggunakan model 4- D. Model ini terdiri dari empat tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develope (pengembangan), dan desseminate (penyebarluasan). Instrumen yang digunakan yaitu lembar wawancara, angket, dan tes hasil belajar. E-modul diujicobakan kepada guru dan 30 orang peserta didik di SMA N 11 Medan. Hasil uji validitas dan praktikalitas e-modul dianalisis dengan skala Likert. Hasil uji efektifitas e-modul dianalisis dengan formula N- Gain. Hasil validitas ahli media diperoleh nilai rata-rata sebesar 88,3 % dan validitas ahli materi e-modul diperoleh nilai rata-rata sebesar 90,5% dengan kategori memiliki kevalidan yang tinggi. Hasil Praktikalitas e-modul oleh guru dan siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 90% dan 95,16% dengan kategori kepraktisan yang tinggi. Hasil uji efektifitas e-modul diperoleh nilai rata-rata N-gain sebesar 0,40 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa e-modul usaha dan energi berbasis problem solving untuk meningkatkan HOTS siswa yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.72 Dal p |
Keywords: | e-modul, problem solving, model pengembangan 4-D |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 18 Nov 2022 09:15 |
Last Modified: | 16 May 2023 04:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49236 |