Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Seni Budaya Pada Siswa Kelas X MAN 2 Model Medan

Afriza, Muhammad Fajar (2022) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Seni Budaya Pada Siswa Kelas X MAN 2 Model Medan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8186122003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8186122003 COVER.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8186122003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8186122003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (668kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8186122003 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8186122003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8186122003 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8186122003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8186122003 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8186122003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8186122003 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8186122003 TABLES.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8186122003 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8186122003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8186122003 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8186122003 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8186122003 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8186122003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (775kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 8186122003 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM 8186122003 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. NIM 8186122003 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM 8186122003 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 12. NIM 8186122003 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM 8186122003 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 13. NIM 8186122003 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 8186122003 CHAPTER V.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 14. NIM 8186122003 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 8186122003 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (482kB)
[thumbnail of 15. NIM 8186122003 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM 8186122003 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui apakah hasil belajar seni budaya kelompok siswa yang diajarkan dengan media pembelajaran Quizizz lebih tinggi dari kelompok siswa yang diajar dengan media pembelajaran Power Point, (2) mengetahui apakah hasil belajar seni budaya kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi lebih tinggi dari kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah, dan (3) mengetahui apakah ada interaksi antara media pembelajaran Quizizz dan media pembelajaran Power Point dengan kemampuan berpikir kritis dalam mempengaruhi hasil belajar seni budaya. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPS MAN 2 Model Medan terdiri dari 5 kelas. Sampel yang terpilih untuk menjadi kelas pembelajaran media Quizizz adalah kelas X IPS-4 dan kelas X IPS-3 sebagai kelas pembelajaran media Power Point. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Teknik analisis adalah Anava dua jalur pada taraf signifikansi  = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar seni budaya siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran Quizizz lebih tinggi daripada hasil belajar seni budaya siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran Power Point. Dalam hal ini, rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan media pembelajaran Quizizz ( X = 28,41) secara keseluruhan lebih tinggi ibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan media pembelajaran Power Point ( X = 26,79), (2) hasil belajar seni budaya siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi lebih tingi dari hasil belajar seni budaya siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah, dalam hal ini, rata-rata hasil belajar siswa dengan kemampuan berpikir kritist inggi ( X = 29,81) yang diajar dengan media pembelajaran Quizizz maupun media pembelajaran Power Point lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa dengan kemampuan berpikir kritis rendah ( X = 26,10), dan (3) terdapat interaksi antara media pembelajaran dengan kemampuan berpikir kritis, di mana siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi lebih baik diajar dengan menggunakan media pembelajaran Quizizz dibandingkan dengan menggunakan media pembelajaran Power Point, sedangkan siswa dengan kemampuan berpikir kritis rendah lebih baik diajar dengan menggunakan media pembelajaran Power Point dibandingkan dengan media pembelajaran Quizizz.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.33 Afr p
Keywords: Media Pembelajaran; Kemampuan Berpikir Kritis; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 18 Nov 2022 01:44
Last Modified: 27 Oct 2025 11:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49213

Actions (login required)

View Item
View Item