Silaban, Jessica Hard (2022) Strategi Pengembangan Objek Wisata Alam Geosite Sipinsur di Desa Pearung Kecamatan Paranginan Kabupaten Humbang Hasundutan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3162131015 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM. 3162131015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
3. NIM. 3162131015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
4. NIM. 3162131015 AUTHENTIC LETTER.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
5. NIM. 3162131015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
6. NIM. 3162131015 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 3162131015 TABELS.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 3162131015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
10. NIM. 3162131015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
9. NIM. 3162131015 APENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
14. NIM. 3162131015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
15. NIM. 3162131015 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
16. NIM. 3162131015 BILBIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan objek wisata alam Geosite Sipinsur di Desa Pearung Kecamatan Paranginan Kabupaten Humbang Hasundutan.
Penelitian ini dilaksanakan di Desa Pearung Kecamatan Paranginan Kabupaten Humbang Hasundutan pada bulan November-Desember tahun 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah objek wisata alam Geosite Sipinsur yang sekaligus dijadikan sebagai sampel dalam penelitian. Sedangkan yang menjadi sumber data dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga yaitu pengunjung, masyarakat sekitar, dan pemerintah daerah yaitu Dinas Pariwisata Kabupaten Humbang Hasundutan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan analisis SWOT.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil perhitungan dan analisis SWOT, objek wisata Geosite Sipinsur memiliki kekuatan yang lebih dominan dibanding kelemahannya dan peluang yang lebih dominan dibanding ancamannya. Apabila dimasukkan ke dalam Matrix Grand Strategy terlihat posisi pengembangan pariwisata di objek wisata Geosite Sipinsur berada pada Kuadran I (S-O) yaitu posisi Strategi Pertumbuhan. Beberapa alternatif kebijakan dan strategi yang perlu dilakukan dengan menerapkan Strategi SO untuk mengembangkan objek wisata Geosite Sipinsur antara lain membuat atraksi dan event budaya yang menarik di lokasi wisata, pengelola wisata bekerja sama dengan masyarakat dan pemerintah daerah untuk menyediakan transportasi umum ke lokasi wisata agar objek wisata semakin mudah dijangkau, membangun kerja sama yang baik antara pengelola wisata dengan masyarakat untuk menjaga keaslian objek wisata serta menciptakan suasana aman dan nyaman, menambah spot-spot foto yang menarik di lokasi wisata yang cocok dengan selera kaum milenial dengan latar pemandangan Danau Toba dan pulau-pulau yang berada disekitarnya ataupun pemandangan pohon pinus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-GEO-089 |
Keywords: | Strategi Pengembangan Objek Wisata |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154 Travel and state. Tourism |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 06:36 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 06:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49196 |