ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KECERDASAN INTERPERSONAL DAN PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS XI SMK YAYASAN PENDIDIKAN HARAPAN BANGSA DUMAI

Hutagalung, Hanna Ria (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KECERDASAN INTERPERSONAL DAN PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS XI SMK YAYASAN PENDIDIKAN HARAPAN BANGSA DUMAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4183311062 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4183311062 COVER.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4183311062 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4183311062 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (468kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM 4183311062 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3.NIM 4183311062 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4183311062 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4183311062 PREFACE.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4183311062 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4183311062 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4183311062 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4183311062 TABLES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4183311062 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4183311062 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4183311062 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4183311062 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (698kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 4183311062 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 4183311062 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4183311062 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4183311062 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning jika dibanding dengan siswa yang tidak menggunakannya, 2) Mengetahui seberapa besar peningkatan kecerdasan interpersonal siswa menggunakan model Problem Based Learning jika dibanding dengan siswa yang tidak menggunakannya 3) Menunjukkan pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yakni 22 peserta didik dari kelas XI Akuntansi dan 22 peserta didik dari kelas OTKP. Materi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, tes, serta wawancara. Subjek penelitian yang dominan dengan jenis kecerdasan matematis mempunyai keterampilan dalam memecahkan masalah matematis lebih baik dibandingkan jenis kecerdasan lain, dan dapat mempraktikkan konsep secara algoritma serta mempresentasikan konsep dalam bermacam representasi matematis. Pendidik sangat penting untuk mengetahui dan memahami kecerdasan apa saja yang dimiliki oleh peserta didik. Hal ini bertujuan sebagai bahan untuk pembuatan perencanaan pembelajaran sehingga pembelajaran dapat berjalan lancar, efektif, efisien, dan tidak hanya berorientasi pada hasil saja. Hasil yang diperoleh adalah model pembelajaran berbasis masalah memiliki pengaruh yang baik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kecerdasan interpersonal siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-MAT-212 / 371.33 Hut a
Keywords: Pemecahan Masalah Matematis; Kecerdasan Interpersonal; Problem Based Learning; SPLDV
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 16 Nov 2022 09:29
Last Modified: 16 Nov 2022 09:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49184

Actions (login required)

View Item
View Item