Simanullang, Desi S. (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN RME TERHADAP PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT DI SMPN 1 TIGALINGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4182111036 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM 4182111036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
3. NIM 4182111036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
4. NIM 4182111036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
5. NIM 4182111036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
6. NIM 4182111036 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
7. NIM 4182111036 TABLES.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
8. NIM 4182111036 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
9. NIM 4182111036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
13. NIM 4182111036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
14. NIM 4182111036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) mendeskripsikan jenis kesalahan siswa melalui pembelajaran RME terhadap penalaran matematis pada materi segitiga dan segiempat. (2) mengetahui Indikator Penalaran yang dominan terjadi kesalahan (3) mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya kesalahan terhadap penalaran matematis. (4) mengetahui alternatif solusi untuk meminimalisir terjadinya kesalahan siswa. Penelitian ini adalah penelitian jenis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 SMP Negeri 1 Tigalingga yang terdiri dari 30 orang siswa. Subjek wawancara terdiri dari 5 orang siswa yang mewakili tingkat kemampuan penalaran tinggi, sedang dan rendah. Dalam penelitian ini digunakan instrument utama adalah peneliti itu sendiri dan untuk melihat jenis kesalahan siswa digunakan indikator kesalahan pada prosedur Newman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa besar persentase kesalahan memahami masalah sebesar 53,3%, kesalahan transformasi sebesar 45%, kesalahan keterampilan proses sebesar 50%, kesalahan penulisan jawaban sebesar 50 %. Indikator kemampuan penalaran yang dominan terjadi kesalahan adalah indikator menyusun dan memberikan alasan dan bukti terhadap beberapa kebenaran solusi, secara umum alasan siswa melakukan kesalahan adalah kurang pahamnya siswa terhadap konsep, ketidak telitian siswa dalam membaca, memahami dan menjawab soal, serta siswa tidak terbiasa mengerjakan soal kemampuan penalaran matematik. Alternatif solusi yang ditawarkan untuk meminimalkan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal penalaran pada materi segitiga dan segiempat yaitu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) diharapkan dengan adanya LKPD ini siswa terbantu untuk memahami konsep dari segitiga dan segiempat dan mampu menyelesaikan soal kemampuan penalaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-MAT-193 / 371.33 Sim a |
Keywords: | Kesalahan siswa; Penalaran matematis; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 14 Nov 2022 08:59 |
Last Modified: | 14 Nov 2022 09:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49128 |