Tanjung, Wardatul Mawaddah (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMPN 3 TEBING TINGGI T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183111057 COVER.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
2. NIM 4183111057 APPROVASL SHEET.pdf - Published Version
Download (891kB) | Preview
3. NIM 4183111057 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
4. NIM 4183111057 PREFACE.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
5. NIM 4183111057 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
6. NIM 4183111057 ILLUSTATION.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
7. NIM 4183111057 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM 4183111057 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM 4183111057 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (752kB) | Preview
13. NIM 4183111057 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
14. NIM 4183111057 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa kelas VII-6 di SMP Negeri 3 Tebing Tinggi dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi Segiempat dan Segitiga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 31 orang siswa kelas VII-6 SMP Negeri 3 Tebing Tinggi. Instrumen pada penelitian ini terdiri dari tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan penalaran matematika siswa dan lembar observasi digunakan untuk mengamati hal-hal yang terjadi selama kegiatan pembelajaran. Hasil tes kemampuan awal menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan penalaran matematika siswa ialah 40,73 termasuk kategori kemampuan cukup. Persentase ketuntasan klasikal yang diperoleh ialah 9,68%. Pada siklus I, hasil tes kemampuan penalaran matematika I menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan penalaran matematika siswa ialah 61,69 termasuk kategori kemampuan baik. Persentase ketuntasan klasikal yang diperoleh ialah 61,29%. Pada siklus II, hasil tes kemampuan penalaran matematika II menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan penalaran matematika siswa ialah 75,2 termasuk kategori kemampuan baik. Persentase ketuntasan klasikal yang diperoleh ialah 87,10%. Selain itu, proses pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil observasi, diperoleh bahwa nilai rata-rata siklus I ialah 65,63 termasuk kategori tinggi, dan nilai rata-rata siklus II ialah 82,29 termasuk kategori sangat tinggi. Dengan adanya peningkatan tersebut, disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model problem based learning, maka terjadi peningkatan terhadap kemampuan penalaran matematika siswa kelas VII di SMPN 3 Tebing Tinggi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-MAT-172 / 371.33 Tan p |
Keywords: | Kemampuan penalaran matematika; Model pembelajaran Problem Based Learning; Penelitian tindakan kelas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 07 Nov 2022 03:23 |
Last Modified: | 07 Nov 2022 03:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49026 |