BR Ginting, Lidwina Yelrimenti (2022) Pengaruh Media Interaktif Berbasis Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Kelas V SD Negeri 106160 Tanjung Rejo T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1182111042_COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 1182111042_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
3. NIM. 1182111042_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM. 1182111042_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
5. NIM. 1182111042_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
6. NIM. 1182111042_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
7. NIM. 1182111042_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 1182111042_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
9. NIM. 1182111042_BAB I.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
13. NIM. 1182111042_BAB V.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
14. NIM. 1182111042_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat pengaruh media interaktif berbasis video animasi terhadap hasil belajar siswa pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita, Sub tema 1, pembelajaran 3 di kelas V SD Negeri 106160 Tanjung Rejo Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dalam bentuk Quasi Experiment dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 106160 Tanjung Rejo yang berjumlah 58 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VA sebanyak 30 siswa dan kelas VB sebanyak 28 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa soal pilihan berganda dan observasi langsung. Sebelumnya dilakukan ujicoba untuk mengetahui validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya beda pada instrumen yang akan digunakan. Instrumen yang valid akan diberikan sebelum dan setelah diberikan perlakuan menggunakan media interaktif berbasis video animasi. Teknik analisis data menggunakan Uji T dengan bantuan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media interaktif berbasis video animasi terhadap hasil belajar siswa pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita di kelas V SD Negeri 106160 Tanjung Rejo T.A 2021/2022. Hal ini dapat dilihat dari perolehan rata-rata pretest kelas eksperimen (48) dan rata-rata kelas kontrol (45,7), rata-rata posttest kelas eksperimen (84,3) dan rata-rata kelas kontrol (63,5). Hasil uji normalitas data pretest dengan taraf signifikan (α = 0,05) Lhitung < Ltabel, maka pada kelas eksperimen diperoleh hasil (0,1153 < 0,1641) dan pada kelas kontrol (0,0758 < 0,1590). Pada uji normalitas data posttest dengan ketentuan Lhitung < Ltabel, maka pada kelas eksperimen diperoleh hasil (0,0999 < 0,1641) dan pada kelas kontrol (0,0918 < 0,1590), sehingga dapat dinyatakan bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas data pretest dengan ketentuan fhitung < Ftabel, diperoleh hasil (1,024 < 1,88) dan data homogenitas posttes dengan ketentuan yang sama, diperoleh hasil (0,23 < 1,89), maka data memiliki varians yang bersifat homogen. Selanjutnya dilakukan uji-t pada taraf signifikan (α = 0,05) thitung > ttabel yaitu (11,68 > 2,003) maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Interaktif; Video Animsasi; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2023 02:10 |
Last Modified: | 09 Jan 2023 02:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48883 |