Daulay, Khairani Zamzamy (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Wordwall Game Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 7 Subtema 1 Kelas IV SDN 066655 Medan T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183111151_COVER.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2. NIM. 1183111151_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
3. NIM. 1183111151_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
4. NIM. 1183111151_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
5. NIM. 1183111151_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 1183111151_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 1183111151_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 1183111151_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM. 1183111151_BAB I.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
13. NIM. 1183111151_BAB V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
14. NIM. 1183111151_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan model pembelajaran serta media pembelajaran yang bervariasi yang mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model
Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Wordwall Game Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 7 Subtema 1 Kelas IV SDN 066655 Medan T.A 2021/2022. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment Design menggunakan tipe Non Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV-A berjumlah 30 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV-B berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes. Teknik pengujian hipotesis dilakukan menggunakan Uji-t, dengan terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas untuk mengetahui data berdistribusi normal atau tidak dan uji homogenitas untuk menguji kesamaan varians dua kelompok data. Adapun hasil uji normalitas data pretest dengan ketentuan jika sig > sig 0,050 pada kelas eksperimen 0,105 > 0,050 pada kelas kontrol 0,200 > 0,050 sedangkan data postest pada kelas eksperimen 0,052 > 0.050 pada kelas kontrol 0,120 > 0,050. Hal ini menunjukkan bahwa data pretest dan posttest kelas eksperimen mauupun kelas kontrol berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas dengan taraf a signifikan > 0,05 yaitu bernilai 0.354 atau lebih besar dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua data tersebut dikatakan homogen. Hasil data dengan pengujian hipotesis menggunakan Uji-t dengan ketentuan yang menunjukkan (2-tailed) < 0,05 yaitu diperoleh 0.000 < 0.050 dengan demikian Ho ditolak Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Wordwall Game pada tema 7 subtema 1 pembelajaran 1 kelas IV SDN 066655 Medan T.A 2021/2022. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Wordwall Game berpengaruh terhadap hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning Berbantuan Media Wordwall Game; Hasil Belajar; Pembelajaran Tematik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2023 02:11 |
Last Modified: | 09 Jan 2023 02:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48879 |