PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP KECEMASAN PEMILIHAN JURUSAN PERGURUAN TINGGI SISWA KELAS XII IPS 4 SMA NEGERI 1 TIGAPANAH TA 2021/2022

Br. Tumanggor, Tia Monica (2022) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP KECEMASAN PEMILIHAN JURUSAN PERGURUAN TINGGI SISWA KELAS XII IPS 4 SMA NEGERI 1 TIGAPANAH TA 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1183151031_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1183151031_COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1183151031_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1183151031_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1183151031_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1183151031_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1183151031_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1183151031_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1183151031_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1183151031_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1183151031_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1183151031_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1183151031_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1183151031_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1183151031_BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1183151031_BAB I.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 1183151031_BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 1183151031_BAB V.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1183151031_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1183151031_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan Konseling Kelompok terhadap kecemasan pemilihan jurusan perguruan tinggi siswa kelas XII IPS 4 SMA Negeri 1 Tigapanah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan experimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPS 4 yang terdiri dari 10 orang siswa yang memiliki kecemasan tinggi. Data penelitian dikumpulkan dengan angket valid dan reliable. Angket diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan konseling kelompok. Data skor rata-rata pre-test 90,4 dan skor rata-rata post-test 72,3 maka selisih skor rata-rata 18,1 artinya rata-rata skor kecemasan pemilihan jurusan perguruan tinggi lebih tinggi sebelum mendapatkan layanan Konseling Kelompok, dan setelah diberikan layanan Konseling Kelompok maka kecemasan pemilihan jurusan perguruan tinggi pada siswa menjadi rendah (menurun) 25,03%. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat apakah ada perubahan positif dan signifikan pemberian layanan konseling kelompok. Berdasarkan hasil perhitungan uji Wilcoxon jumlah jenjang bertanda positif = 0 dan jumlah jenjang bertanda negatif = 50. Jadi, nilai J = 50 yaitu jumlah jenjang yang lebih besar. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda wilcoxon dengan n = 10, a = 0,05, maka diperoleh J tabel = 8. Berdasarkan hasil uji wilcoxon diperoleh hasil bahwa Jhitung > JTabel dimana 50 > 8. Artinya bahwa ada pengaruh layanan Konseling kelompok terhadap kecemasan pemilihan jurusan perguruan tinggi siswa kelas XII IPS 4 SMA Negeri 1 Tigapanah Tahun 2021/2022

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-BK-068 / 370.113 Tum p
Keywords: Konseling Kelompok; Kecemasan Pemilihan Jurusan; Pemilihan karir
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5381 Vocational guidance. Career devlopment
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 26 Oct 2022 08:17
Last Modified: 26 Oct 2022 08:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48823

Actions (login required)

View Item
View Item