Syahdi, Widya (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173331049 COVER.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
2. NIM 4173331049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
3. NIM 4173331049 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
4. NIM 4173331049 PREFACE.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
5. NIM 4173331049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
9. NIM 4173331049 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
13. NIM 4173331049 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
14. NIM 4173331049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh LKS berbasis pendekatan saintifik mata pelajaran laju reaksi yang memenuhi kriteria kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian, dan kelayakan grafis menurut BSNP, untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap LKS dan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan LKS di SMA yang lebih tinggi dari KKM. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta Prayatna Medan Tahun Pelajaran 2020/2021. Penentuan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan mengambil 1 kelas sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan: 1) LKS berbasis pendekatan saintifik materi laju reaksi yang dikembangkan telah memenuhi kriteria BSNP, dengan pengolahan data diperoleh: kelayakan isi = 3,70, kelayakan bahasa = 3,56, kelayakan penyajian = 3,67, dan kelayakan grafik = 3,75 dengan kriteria valid dan tidak perlu revisi; 2) Hasil angket respon siswa terhadap LKS berbasis pendekatan saintifik pada materi laju reaksi diperoleh rata-rata sebesar 90,41%. 3) Hasil belajar siswa dengan menggunakan LKS berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran laju reaksi mengalami peningkatan sebesar 0,74 (73%) dengan kategori tinggi dan lebih tinggi daripada KKM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 KIM 084 |
Keywords: | Pendekatan saintifik; Lembar kerja siswa; Laju reaksi; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 26 Oct 2022 04:13 |
Last Modified: | 26 Oct 2022 04:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48796 |