SYAFRINA, DWITYA NAFA (2021) PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 21 MEDAN TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7173141010 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM. 7173141010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
3. NIM. 7173141010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
4. NIM. 7173141010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
5. NIM. 7173141010 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
6. NIM. 7173141010 TABELS.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
7. NIM. 7173141010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
8. NIM. 7173141010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
9. NIM. 7173141010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
13. NIM. 7173141010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 7173141010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kompetensi sosial guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 21 Medan Tahun Ajaran 2020/2021
Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 21 Medan yang berjumlah 128 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling yaitu sebanyak 97 siswa. Uji validitas instrument menggunakan rumus product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik cronbach alpha. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear berganda, uji hipotesis secara parsial dan simultan serta perhitungan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan. Pertama, terdapat pengaruh yang positif dan signiikan antara variabel kompetensi sosial guru (X1) terhadap prestasi belajar ekonomi siswa (Y) kelas XI IPS SMA Negeri 21 Medan yaitu berdasarkan uji t (thitung > ttabel) 8,239> 1,661 dengan dinilai signifikansi 0,000 < 0,05, kedua terdapat pengaruh antara fasilitas belajar (X2) terhadap prestasi belajar ekonomi siswa (Y) kelas XI IPS SMA Negeri 21 Medan yaitu berdasarkan uji t (thitung > ttabel) 9,118 > 1,661 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Ketiga, secara simultan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kompetensi sosial guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 21 Medan. Berdasarkan analisis diperoleh Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,891 yang menjelaskan bahwa pengaruh kompetensi sosial guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 89,1% dan sisanya sebesar 10,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kompetensi Sosial Guru, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 02 Nov 2022 01:56 |
Last Modified: | 02 Nov 2022 01:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48754 |