PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 21 MEDAN TAHUN AJARAN 2020/2021

SYAFRINA, DWITYA NAFA (2021) PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 21 MEDAN TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 7173141010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7173141010 COVER.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7173141010 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7173141010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7173141010 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7173141010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7173141010 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7173141010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7173141010 TABEL OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7173141010 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (473kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7173141010 TABELS.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7173141010 TABELS.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7173141010 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7173141010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7173141010 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7173141010 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7173141010 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7173141010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (520kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7173141010 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7173141010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7173141010 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7173141010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kompetensi sosial guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 21 Medan Tahun Ajaran 2020/2021
Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 21 Medan yang berjumlah 128 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling yaitu sebanyak 97 siswa. Uji validitas instrument menggunakan rumus product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik cronbach alpha. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear berganda, uji hipotesis secara parsial dan simultan serta perhitungan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan. Pertama, terdapat pengaruh yang positif dan signiikan antara variabel kompetensi sosial guru (X1) terhadap prestasi belajar ekonomi siswa (Y) kelas XI IPS SMA Negeri 21 Medan yaitu berdasarkan uji t (thitung > ttabel) 8,239> 1,661 dengan dinilai signifikansi 0,000 < 0,05, kedua terdapat pengaruh antara fasilitas belajar (X2) terhadap prestasi belajar ekonomi siswa (Y) kelas XI IPS SMA Negeri 21 Medan yaitu berdasarkan uji t (thitung > ttabel) 9,118 > 1,661 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Ketiga, secara simultan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kompetensi sosial guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 21 Medan. Berdasarkan analisis diperoleh Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,891 yang menjelaskan bahwa pengaruh kompetensi sosial guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 89,1% dan sisanya sebesar 10,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kompetensi Sosial Guru, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 02 Nov 2022 01:56
Last Modified: 02 Nov 2022 01:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48754

Actions (login required)

View Item
View Item