SYAHRI, DINDA (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM MELALUI SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 14 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 717341009 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM. 717341009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
3. NIM. 717341009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
4. NIM. 717341009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
5. NIM. 717341009 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
6. NIM. 717341009 TABELS.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 717341009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 717341009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 717341009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (580kB) | Preview
13. NIM. 717341009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
14. NIM. 717341009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 14 Medan kurang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Google Classroom melalui Self Directed Learning terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 14 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 14 Medan yang berjumlah 115 siswa dan sampel sebanyak 90 siswa dengan teknik Simple Random Sampling. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, penyebaran angket/kuisioner dan dokumentasi. Uji validitas dengan menggunakan teknik analisis Product Moment dan reliabilitas angket menggunakan rumus Croanbach’s Alpha. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis jalur (Path Analysis).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, secara langsung terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan media pembelajaran Google Classroom terhadap Self Directed Learning siswa kelas XI IPS SMA Negeri 14 Medan. Hal ini diperoleh dari hasil persamaan X2 = 0,749X1 + ε1 dengan hasil uji t (parsial) diperoleh nilai thitung sebesar 10,599 > 1,987 pada probabilitas sig. 0,000 < 0,05. Kedua, secara langsung terdapat pengaruh positif dan signifikan media pembelajaran Google Classroom terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 14 Medan. Hal ini diperoleh dari hasil perhitungan probabilitas sig. sebesar 0,000 (< 0,05), dengan nilai thitung sebesar 5,394 > 1,987. Ketiga, secara langsung terdapat pengaruh positif dan signifikan Self Directed Learning terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 14 Medan. Hal ini diperoleh dari hasil perhitungan probabilitas sig. sebesar 0,000 (< 0,05), dengan nilai thitung sebesar 5,170 > 1,987. Keempat, Secara tidak langsung terdapat pengaruh positif dan signifikan antara media pembelajaran Google Classroom melalui Self Directed Learning terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 14 Medan yaitu sebesar 0,33 dan pengaruh total adalah sebesar 0,793 dengan perhitungan probabilitas sig. sebesar 0,000 (<0,05).
Kesimpulan yang didapatkan berdasarkan penelitian ini yaitu media pembelajaran Google Classroom dapat mempengaruhi Self Directed Learning secara langsung, hasil belajar dipengaruhi secara langsung oleh media pembelajaran Google Classroom dan Self Directed Learning dan secara tidak langsung Self Directed Learning mempengaruhi media pembelajaran Google Classroom lebih rendah terhadap hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran Google Classroom, Self Directed Learning, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 02:11 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 02:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48753 |