PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI

Sihotang, Maryanti Elfrida (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.4172131006 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM.4172131006 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.4172131006 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM.4172131006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.4172131006 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM.4172131006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.4172131006 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM.4172131006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.4172131006 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM.4172131006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.4172131006 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM.4172131006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.4172131006 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM.4172131006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM.4172131006 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM.4172131006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan model pembelajaran Konvensional pada materi Laju Reaksi. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental. Sampel dari penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan model Inkuiri Terbimbing dan kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Konvensional, masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan Inkuiri Terbimbing (92,167) memiliki perbedaan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Konvensional (85.167) dan rata-rata keterampilan proses sains menggunakan Inkuiri Terbimbing (77,313) memiliki perbedaan dengan rata-rata keterampilan proses sains menggunakan model pembelajaran Konvensional (65,973). Hasil hipotesis dengan menggunakan uji-t dua pihak dan α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel (3,633 > 2,002 ), dan thitung > ttabel (5,091 >2,002 ) untuk keterampilan proses sains siswa sehingga dalam penelitian ini hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, diperoleh bahwa ada perbedaan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan model pembelajaran Konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 KIM 097
Keywords: Animasi; Keterampilan proses sains; Inkuiri terbimbing; Laju reaksi; Model mengajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Oct 2022 04:50
Last Modified: 20 Oct 2022 04:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48611

Actions (login required)

View Item
View Item