Silaban, Candres Atur H. (2021) Pengaruh Disiplin Diri Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Pengelasan Kelas X DI SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. N I M . 5 1 7 1 1 2 1 0 0 2 C O V E R.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
2. N I M . 5 1 7 1 1 2 1 0 0 2 A P P R O V A L S H E E T.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
3. N I M . 5 1 7 1 1 2 1 0 0 2 A B S T R A C T.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
4. N I M . 5 1 7 1 1 2 1 0 0 2 P R E F A C E.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
5. N I M . 5 1 7 1 1 2 1 0 0 2 T A B L E O F C O N T E N T.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
6. N I M . 5 1 7 1 1 2 1 0 0 2 T A B L E S.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. N I M . 5 1 7 1 1 2 1 0 0 2 I L L U S T R A T I O N.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. N I M . 5 1 7 1 1 2 1 0 0 2 A P P E N D I C E S.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
9. N I M . 5 1 7 1 1 2 1 0 0 2 C H A P T E R I.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
13. N I M . 5 1 7 1 1 2 1 0 0 2 C H A P T E R V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
14. N I M . 5 1 7 1 1 2 1 0 0 2 B I B L I O G R A P H Y.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh disiplin diri dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar pengelasan kelas X SMK Negeri 2 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian analisis jalur, menggunakan instrumen angket model Likert dan tes hasil belajar. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 93 siswa, cara pengambilan sampel dalam penelitian ini responden yang ambil denagan proporsional randoms sampling. Uji validitas instrumen menggunakan koefisien korelasi Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dan Koefisien Kesepakatan. Hasil penelitian di menggunakan metode analisis jalur dan sebelumnya ada uji normalitas data dengan chi kuadrat, uji linieritas dan keberartian regresi dengan Analisis Variansi pada taraf signifikan α sebesar 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; terdapat pengaruh signifikan antara disiplin diri dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar pengelasan kelas X di SMK Negeri 2 Medan yang menyimpang hanya 27,1 % yang diperoleh dari R Square sebesar 0,271 Dengan persamaan regresi Yˆ = 4,159 + 0,550 X1 + 0,314 X2. Hasil analisis regresi tersebut, dimana nilai Fh = 20,455 harga Ft = 3,153 pada taraf signifikan 5%, sehingga Fh > Ft (20,445 > 3,153). Semakin tinggi pengaruh disiplin diri dan kecerdasan emosional maka semakain tinggi pula dalam memepengaruhi hasil belajar pengelasan kelas X di SMK Negeri 2 medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-MSN-005 |
Keywords: | Disipli Diri; Kecerdasan Emosional; Hasil Belajar Pengelasan |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Oct 2022 03:01 |
Last Modified: | 21 Oct 2022 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48600 |