Ateni, Pinte Ni (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Kecantikan Dasar Siswa Kelas X Tata Kecantikan SMK Imelda Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5161144012 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 5161144012APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 5161144012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM 5161144012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
5. NIM 5161144012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM 5161144012 TABLES.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
7. NIM 5161144012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
11. NIM 5161144012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
12. NIM 5161144012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan Lectora Inspire pada materi pengurutan (massage) wajah sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi pengurutan (massage) wajah serta memudahkan guru untuk menyampaikan materi pelajaran.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Imelda Medan yang berlokasi di Jalan Bilal No. 52 Pulo Brayan Darat 1, Kecamatan Medan Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran lectore inspire serta subjek dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, guru serta siswa kelas X tata kecantikan SMK Imelda Medan. Hasil penelitian membuktikan jika media pembelajaran interaktif Lectora Inspire materi pengurutan (massage) wajah layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah. Kelayakan media yang dikembangkan dinilai dari aspek meteri yang memperoleh skor 90,87% terkategori sangat layak. Sedangkan hasil penilaian pada aspek media memperoleh skor 97,27% terkategori sangat layak. Hasil angket siswa uji coba kelompok kecil terhadap media pembelajaran yang dikembangkan adalah 90,30% terkategori sangat baik. Hasil respon siswa uji coba kelompok sedang terhadap media pembelajaran yang dikembangkan adalah 86,25% terkategori baik dan hasil respon siswa uji coba kelompok besar terhadap media pembelajaran yang dikembangkan sebesar 84,35% terkategori baik Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran Lectora Inspire materi pengurutan (massage) wajah yang dikembangkan oleh peneliti layak dan dapat diterima baik oleh siswa sebagai media pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-RIAS-011 |
Keywords: | Lectore Inspire; Kelayakan; Pengurutan (massage) kulit wajah |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 02:07 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 02:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48468 |